Temukan Kami di Sini:

Warga Gowa Protes Listrik Naik, PLN: Ini Kondisi Corona

0
Warga Gowa Protes Listrik Naik, PLN: Ini Kondisi Corona

SUARATURATEA.COM, GOWA – Puluhan warga di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan menggelar aksi protes kenaikan tarif listrik secara tiba-tiba.

Pihak kantor PLN ULP Sungguminasa yang terletak di Jl Tumanurung, Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa meminta rentetan waktu untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Pradikta Cendika Manajer Bagian Transaksi Energi ULP3 Makassar Selatan mengaku saat ini bakal melakukan operasi pengecekan kembali.

“Kami sudah minta semua nomor warga dan nomor langganan untuk dicek kembali. Nanti kami akan menghubungi warga satu persatu,” ujarnya kepada sejumlah media.

Dia mengaku, kejadian ini terjadi karena dua bulan terakhir kondisi pandemi Corona terjadi. Sehingga PLN tidak melakukan pembacaan pada rekening listrik di bulan Maret dan April.

Pada saat itu tidak ada petugas melakukan pembacaan rekening listrik, PLN melakukan penghitungan secara rata-rata berdasarkan pemakaian pelanggan sebelum-sebelumnya.

“Itu yang menyebabkan tagihan pelanggan di bulan Maret dan April ini tidak akurat. Tidak sesuai dengan pemakaiannya,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk bulan Mei dan Juni pihaknya sudah melakukan pembacaan kembali oleh petugas yang dilengkapi dengan bukti foto meteran pelanggan.

“Kemungkinan, ada pemakaian dari pelanggan yang tidak terbaca dan tidak terbagi. Jadi saat ditemukan bukti foto bulan ini, itulah sehingga terjadi penumpukan dan tagihan pelanggan

Meski demikian, warga mengecam akan menduduki kantor PLN ULP Sungguminasa jika nanti evaluasi perhitungan tersebut tidak kembali normal.

“Kami dengan warga lain akan terus menunggu solusi dari PLN. Jika tidak ada solusinya, terpaksa kami akan turun lagi melakukan protes,” tegas Udin.

Bahkan ia mengaku pembayaran tagihan listrik harus dibayar hingga Rp3.000.000.

“Sebelum bulan Juni dan Mei ini, pembayaran saya hanya Rp600.000. Tapi pas pembayaran bulan ini, itu langsung naik sebesar Rp3.000.000. Sementara pemakaian saya itu sama dengan bulan-bulan sebelumnya,” ujarnya.

Penulis : Ilham
Editor    : Reza

Berkomentar dengan bijak!