VIDIO : Kalah PTUN, Warga Tuntut Bupati Cabut SK Kades Sapanang

0

Krg Lomba/ Jurnalis

TURATEANEWS.com,JENEPONTO–Puluhan warga desa sapanang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, melakukan unjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Setempat, Kamis 11 Agustus. Mereka berdemo di gedung DPRD, terkait sengketa pemilihan Kepala Desa Sapanang, yang berujung di pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar

Dalam putusannya, memerintahkan bupati Jeneponto Iksan Iskandar  membatalkanserta mencabut surat keputusan (SK) Lukman sebagai kades terpilih karena dinilai cacat hukum, adanya putusan PTUN yang membatalkan pengangkatan Kades Sapanang.

“Mereka menuntut agar bupati Jeneponto Iksan Iskandar mencabut dan membatalkan SK pengangkatan Lukmam sebagai kepala desa Sapanang, karena dinilai cacat hukum adanya putusan PTUN. Bupati wajib menjalankan putusan PTUN tersebut, jangan tuli,” ujar Pandu Winata dalam orasinya di depan gedung DPRD Jeneponto.

Lanjut dia, dengan nama demokrasi kami meminta Bupati untuk segera melaksanakan putusan PTUN nomor 394 yang membatalkan SK Bupati atas Kepala Desa Sapanang. Kendati

demikian, kata dia, Bupati Jeneponto dinyatakan gegabah telah melantik kades Lukman yang  terpilih berbuat curang.

Keputusan ini sudah incrah,  sehingga SK yang dikeluarkan bupati harus dicabut dan dilakukan pemilihan. Karena kepala desa terpilih sudah melakukan pemalsuan identitas diri berupa KTP  dan Kartu Keluarga. Sebelumnya, Lukman tidak berdomisili di Desa Sapanang, melainkan tinggal di Kabupaten lain.

Seharusnya, Bupati tahu dan mengerti aturan soal domisili warga. “Warga yang belum enam bulan masa tinggal disalah satu daerah, belum bisa dikatakan sebagai penduduk setempat, tetapi disebut sebagai penduduk liar atau penduduk ilegal,” ujar Pandu Winata.

Ini kali sekian warga sapanang berdemo, sebelumnya mereka melakukan aksi di kantor bupati Jeneponto. Namun bupati  Jeneponto Iksan Iskandar tidak berada di kantornya.  bupati jeneponto telah melakukan kesalahan fatal melantik kepala desa sapanang terpilih,  sebelum ada putusan gugatan warga sapanang dari PTUN.

Sejumlah Anggota DPRD yang berada  di ruang rapat paripurna, keluar menyaksikan pendemo. Usai pendemo melakukan orasi, mereka diterima ketua DPRD Jeneponto, Muh Kasmin Makkamula. Kata dia,  Kalah Bupati di PTUN Makassar, namun mengambil tindakan hukum lain melakukan banding di pengadilan tinggi tata usaha negara (PTTUN) Sulsel.

Baca Juga :

H Baharuddin Nai Mengaku Terbitkan KTP Lukman, Namun Tidak Tau Untuk Apa

Sidang Sengketa Pilkades Sapanang di Tunda

Warga Desa Sapanang, Desak Bupati Copot Kepala BPMD

Berkomentar dengan bijak!