Irawati, salah seorang tenaga pendidik di salah satu pesantren di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan mengalami kondisi lemah usai divaksin.

Wanita berusia 37 tahun ini mengaku bahwa dirinya terbaring sakit tak berdaya dikarenakan usai mengikuti vaksinasi di Puskesmas Bontomatene, Kecamatan Turatea pada tanggal 14 Juni 2021 belum lama ini.

Menanggapi soal itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Susanti Mansyur angkat bicara.

Dia menuturkan, bahwa Irawati memang telah menjalani vaksin tahap pertama.

“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat di Jeneponto. Ibu Irawati itu memang telah dilakukan vaksinasi pada tanggal 14 Juni 2021, dan telah dilakukan observasi serta screaning. Insya Allah kami nakes-nakes kita sudah melakukan prosedur yang ada karena kita sudah konfirmasi yah dan ada data-data,” ucap Susanti Mansyur di Jeneponto. Kamis (24/6/2021).

Lebih jauh kata dia, bahwa tim dari tenaga kesehatan Diskes Jeneponto langsung mengecek kondisi Irawati dirumahnya.

Beberapa riwayat yang dialami usai vaksin juga diperiksa olehnya. Laporan pengecekan kondisi Irawati menurut Susanti baru dikeluhkan pasca beberapa hari usai vaksin.

“Ibu irawati ini memang mengalami mual-muntah dan dari hasil penelusuran kami. Tetapi baru disampaikan per tanggal 20 Juni. Vaksinasinya dilakukan pada tanggal 14 kemudian beliau itu di rumah ada mengalami demam dan segala macamnya tetapi ini baru dilaporkannya di tanggal 20 dan itu telah dilakukan penanganan di Pustu karena yang bersangkutan tidak merasa membaik maka ke Puskesmas,” tambahnya.

Meski demikian, saat ini kondisi Irawati dikabarkan mulai membaik dan tengah menjalani perawatan insentif di Rumah Sakit Lanto dg Pasewang (Latopas) Jeneponto.

“Di Puskesmas juga kita sudah melakukan perawatan, pemeriksaan dan itu juga diminta untuk dirujuk ke rumah sakit, tetapi butuh pertimbangan, akhirnya kemarin sore, kami datang bersama tim untuk melihat kondisi yang ada. Alhamdulillah saat ini ibu Irawati sedang dilakukan perawatan di RS Latopas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang tenaga pendidik di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menjadi perbincangan publik.

Warga dihebohkan lantaran guru yang bernama Irawati mengalami kondisi lemas usai mengikuti vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.

Tenaga pendidik ini tengah terbaring lemas di kediamannya, Desa Bontomatene, Kampung Bontosunggu Selatan, Kecamatan Turatea.

“Usai divaksin di Puskesmas Bonto Matene semenjak 15 hari lalu, saya mengalami pusing, mual-mual hingga seluruh badan sakit,” ujar Irawati.

Berkomentar dengan bijak!