Gowa  

TNI-Polri di Gowa Jaga Ketat Tempat Ibadah Jelang Perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung

TNI-Polri di Gowa Jaga Ketat Tempat Ibadah Jelang Perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung
TNI-Polri di Gowa Jaga Ketat Tempat Ibadah Jelang Perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung

SUARATURATEA.COM, GOWA – Ratusan personil TNI-Polri di Gowa dikerahkan dalam pengamanan menjelang perayaan Kamis Putih yang jatuh pada tanggal 1 April dan Jumat Agung yang akan dilaksanakan 2 April 2021 mendatang oleh Kaum Nasrani.

Kepalores Gowa AKBP Budi Susanto mengatakan, pengamanan ketat ini dilakukan di tempat Ibadah di Gowa akan rutin dilaksanakan.

Pengamanan di tempat ibadah ini dilakukan jauh sebelum ledakan bom bunuh diri di Gereja Ketedral Makassar.

BACA JUGA : Surat Wasiat Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar, Ummiku Minta Maafka

Kendati demikian, TNI-Polri di Gowa akan memperketat lagi pengamanan di sejumlah tempat ibadah jelang Jumat Agung.

Dia menyebut, setidaknya menerjunkan 100 personil Polres Gowa akan dikerhakan dalam perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung nantinya.

“Pengamanan jelang perayaan Kamis Putih dan Jumat Agung yang mana dilaksanakan oleh saudara kita ummat Nasrani biasanya memang dari unsur Polri-TNI dan unsur terkait melakukan pengamanan bersama kegiatan tersebut bukan hanya karena ada kejadian bom di Makassar kemarin,” kata AKBP Budi Susanto.

BACA JUGA : Begini Penampakan Pistol dan Map Kuning Wanita Penyerang Mabes Polri

Pengamanan ini dilakukan sebagai upaya menjaga ketertiban dan kenyamanan untuk beribadah oleh umat lain dan juga sebagai bukti toleransi beragama.

“Bagi kami Bhabinkamtibmas, Bhabinsa itu sudah jadi kegiatan rutin yang mana kegiatan tersebut dilakukan semata-mata untuk menjaga saudara-saudara kita yang berlainan agama untuk bagaimana kita toleransi disetiap kegiatan yang ada,” kata Ajun Komisaris Besar Polisi.

Sementara Dandim 1409/Gowa Letkol Arhanud Suaib mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres terkait berapapun kekuatan personil yang akan dibutuhkan.

BACA JUGA : Oknum Kepsek di Jeneponto Dilapor Siswinya, Diduga Lakukan Cabul

Menurutnya, ada dua Satuan Setingkat Pleton (STT) dari Kodim 1409/Gowa akan dikerahkan.

Tiap satu STT berjulah 30 personil, sehingga total personil yang dikerahkan dalam pengamanan sebanyak 60 personil.

“Tetap kita mengikuti prosedur dari pihak Polres terkait mekanisme pengamanannya. Kalau Kodim sendiri itu yang dikerahkan sekitar 60 Personil,” pungkasnya. (*)

Berkomentar dengan bijak!