Terekam CCTV, Pria Gasak Celengan Masjid Hilal Katangka Gowa yang Tertua di Sulsel

0
Terekam CCTV, Pria Gasak Celengan Masjid Tertua di Sulsel
Terekam CCTV, Pria Gasak Celengan Masjid Tertua di Sulsel

SUARATURATEA.COM, GOWA – Tak mengenal tempat, sebuah kotak amal dibobol maling, pembobolan itu terjadi di Masjid tertua yang ada di Sulawesi Selatan.

Siapa yang tak kenal dengan Masjid Hilal Katangka, lokasinya berada di bilangan Jalan Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa.

Maling nekat melancarkan aksinya dengan cara membobol celengan masjid. Bangunan Masjid yang tua ini diketahui didirikan oleh Sultan Alauddin pada tahun 1603, Sultan Alauddin adalah Raja Gowa yang ke-14 dan pertama memeluk Agama Islam.

BACA JUGA : Limbah Medis di RSUD Jeneponto Dipasangi Garis Polisi, Berbahayakah?

Peristiwa tersebut terjadi sekira pada pukul 01.30 Wita Kamis (10/6/2021). Dimana suasana di Masjid Hilal Katangka ini telah beristirahat.

Akibat pemobolan pelaku ini, sejumlah uang yang ada di kotak amal itu berhasil dibawa kabur. Pelaku yang berjumlah satu orang ini hanya meninggalkan puluhan uang receh di dalam kotak amal tersebut.

“Tengah malam itu kejadiannya. Itu pelaku ambil uang kotak amal dan tersisa uang receh dan satu buah amplop yang memang ada di kotak amal itu,” kata remaja Masjid Katangka, Bintang, Jumat (11/6/2021).

BACA JUGA : Fakta Baru, Nurdin Abdullah Terima Sin$150 Ribu, Akui untuk Saksi Partai

Dalam rekaman CCTV yang diterima, aksi pembobolan kotak amal di masjid itu bermula saat pelaku yang memakai baju kaus putih dan mengenakan masker, berdiri di gerbang masjid.

Pelaku berdiri di sana selama beberapa detik untuk memantau situasi lebih dulu.

Setelah merasa aman untuk melancarkan aksinya, pelaku mulai mendekati kotak amal yang disimpan di pintu masuk masjid lalu dibawa ke bagian belakang masjid.

“Pelakunya itu mencungkil kotak amal yang terbuat dari besi itu pakai linggis. Ada di CCTV pelaku membawa senjata itu,” jelasnya kepada jurnalis di lokasi.

BACA JUGA : Ada Apa? Limbah Medis di RSUD Latopas Jeneponto Menumpuk dan Dipasangi Garis Polisi

Setelah puas menggasak, pelaku pun meninggalkan kotak amal yang ia bobol itu dan disimpan saja di belakang masjid dalam kondisi dua gembok yang sudah rusak.

“Yang tersisa uang kecil dan uang receh di kotak amal itu. Ada juga amplop (sumbangan) yang isinya diambil pelaku,” terang dia.

Atas kejadian itu, pihak pengurus masjid telah melaporkan kasus ini ke aparat kepolisian Polsek Somba Opu. Pihaknya berharap, pelaku bisa tertangkap cepat dan bisa segera bertobat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here