Tak Mau Ketinggalan, Kini Nokia Luncurkan Gadget Tanpa Charger

0
Tak Mau Ketinggalan, Kini Nokia Luncurkan Gadget Tanpa Charger
Tak Mau Ketinggalan, Kini Nokia Luncurkan Gadget Tanpa Charger

SUARATURATEA.com – Langkah Apple tidak menyertakan charger dan earphone dalam paket penjualan iPhone diekor oleh para pabrikan Android. Salah satunya yang terbaru adalah Nokia yang tak lagi menyertakan charger di kemasan ponsel Nokia X20.

Berdasarkan informasi produk di laman resminya, Nokia X20 hanya menyertakan kabel USB-Type C untuk keperluan mengisi daya. Sementara, unit charger harus disediakan sendiri oleh pembeli.

Apabila belum punya, pembeli pun terpaksa harus mengeluarkan budget ekstra untuk membeli aksesori charger secara terpisah.

HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia mengatakan bahwa aksesori tersebut sengaja dihilangkan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Alasan yang sama dikemukan Apple saat merilis iPhone 12.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets NDTV, Rabu (28/4/2021), HMD Global juga mengklaim bahwa casing smartphone yang disertakan dalam paket penjualan Nokia X20 dapat diolah menjadi kompos.

Tak hanya Nokia, sebelumnya Samsung dan Xiaomi juga mengikuti jejak Apple dengan menanggalkan adapter di dalam kotak kemasan Galaxy S21 series dan lini Mi 11.

Sama halnya dengan Apple, Samsung dan Xiaomi beralasan ingin berkontribusi lebih baik dengan mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Keputusan yang diambil oleh Samsung dan Xiaomi ini bisa dibilang cukup ironis. Sebab, sebelumnya mereka sempat mengejek Apple karena menghilangkan charger di dalam kotak pembelian iPhone 12.

Samsung beralasan bahwa sejumlah pengguna smartphone Galaxy sudah memiliki kabel Type-C, sehingga aksesori charger lama bisa digunakan untuk mengisi daya Galaxy S21. Selain charger, Samsung juga tidak menyertakan earphone di kotak penjualan Galaxy S21.

Berkomentar dengan bijak!