Sumber Api Dari Tengah, 945 Kios dan Lapak Pasar Karisa hangus terbakar

0

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO — Pasar tradisional Karisa di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, hingga saat ini masih terbakar.

Akibat peristiwa tersebut, diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Seorang anggota asosiasi pedagang pasar tradisional Karisa Dg Na’ga mengatakan, dirinya yang pertama mengetahui peristiwa tersebut.

“Saya melihat pertama kebakaran itu. Api dari tengah dalam pasar, kemudian menjalar dan membakar seluruh dagangan para pedagang. Mulai dari tengah sampai kepinggir bangunan pasar,”kata Dg Na’ga, Jumat (25/9) dini hari.

Saat kebakaran terjadi, akses pintu masuk pasar terkunci. Akibatnya para pedagang kesulitan menyelamatkan barang dagangannya.

Beberapa pedagang nekad memecahkan kaca jendela menggunakan balok dan batu.

Pedagang masuk melalui jendela yang telah dirusak untuk menyelamatkan barang yang belum sempat terbakar api.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Jeneponto Mustaufiq menyebut, pihaknya memastikan para pedagang pasar tradisonal terbesar di Jeneponto itu mengalami kerugian puluhan milyar rupiah.

Pihaknya memastikan 945 kios dan lapak milik pedagang hangus terbakar. Pedagang mengalami kerugian hingga puluhan miliaran rupiah akibat kebakaran hebat yang melanda pasar itu.

“Kios 643, lapak dalam 269 sedangkan lapak yang berada di luar pasar sebanyak 33 unit,”ungkapnya Jumat (25/9) pagi.

Hingga saat ini, pihak Damkar bersama BPBD masih berusaha menangani mencegah api kembali membesar.

Menurut Mustaufiq, kendala yang dihadapi petugas adalah material bahan yang mudah terbakar, seperti benda-benda dari bahan plastik dan kain.

Penulis : Bahar
Editor    : Tahir

Berkomentar dengan bijak!