Status Elevasi Mendekat Batas Normal, Pintu Waduk Bili-bili Gowa Dibuka 90 cm, Warga Diminta Tak Beraktivitas

0
Status Elevasi Mendekat Batas Normal, Pintu Waduk Bili-bili Dibuka 90 cm, Warga Diminta Tak Beraktivitas
Status Elevasi Mendekat Batas Normal, Pintu Waduk Bili-bili Dibuka 90 cm, Warga Diminta Tak Beraktivitas

SUARATURATEA.COM – Curah hujan yang terus meninggi dalam beberapa hari ini membuat volume air di waduk Bili-bili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa terus naik.

Hingga Selasa (19/1/2021) pukul 16.00 Wita, ketinggian air waduk mencapai 97.80 Mdpl. Angka ini sudah mendekati elevasi batas normal 99.50 Mdpl.

Karenanya pihak Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) selaku penanggungjawab waduk Bili-bili Gowa pun melakukan pembukaan pintu air waduk untuk membuang sedikit demi sedikit air tampungan waduk.

BACA JUGA : Sebuah Rumah di Jeneponto Rata Dengan Tanah Akibat Longsor Dibantaran Sungai di Bantaran Sungai Pokobulo

Pembukaan pintu air waduk setinggi 90 Cm itu dilakukan Selasa (19/1/2021) pukul 16.15 Wita hingga beberapa jam ke depan.

”Pembukaan pintu air waduk ini dilakukan guna mempertahankan kembali volume air normal. Karena itu pukul 16.15 Wita sore kami menambah pembukaan pintu pelimpah dari 70 Cm menjadi 90 Cm. Pembukaan pintu pelimpah ini sesuai SOP,” jelas Kepala BBWSPJ Adenan Rasyid kepada media.

Penyampaian ke masyarakat inipun diedarkan pihak balai yang sebelumnya menyampaikan pemberitahuan resmi kepada Gubernur Sulsel, BPBD Sulsel, Walikota Makassar, Bupati Gowa, BPBD Gowa dan BPBD Makassar.

BACA JUGA : BREAKING NEWS : Sebuah Rumah di Jeneponto Rusak Parah Terkena Longsor

Dikatakan Adenan, pembukaan pintu pelimpah ini dilakukan dengan pertimbangan, kondisi hulu sungai Jeneberang dan sungai Jenelata dalam keadaan tidak ada hujan.

Selanjutnya…
Selain itu karena elevasi di hilir sungai…

Berkomentar dengan bijak!