Soal Intruksi Penerapan Wajib Pakai Masker, Ini Respon Kadisdukcapil dan Kadinkes Jeneponto

0
Pemkab Jeneponto Ungkap Rencana Pelaksanaan Peringatan HUT RI ke-75
Bupati Jeneponto saat diwawancara media

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar mengintruksikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerapkan wajib pakai masker dalam melayani masyarakat.

“Semua OPD kita instruksikan untuk menerapkan wajib memperketat penerapan protokol kesehatan dalam melaksanakan pelayanan,” jelas Iksan Iskandar.

Lebih tegas Iksan Iskandar mengatakan, untuk tidak melayani masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Kalau masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan sesuai standar operasional prosedur (SOP), diantaranya tidak memakai masker, tidak mencuci tangan dan tidak menjaga jarak, kita instruksikan untuk tidak dilayani, agar supaya masyarakat paham dan sadar dalam memutus penyebaran Covid-19 di Jeneponto,” tegas Iksan Iskandar.

Menindak lanjuti instruksi Bupati Jeneponto, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jeneponto, Muh Jafar Abbas mengatakan, Pelayanan di Disdukcapil sudah lama menerapkan protokol kesehatan bagi semua ASN dan tenaga honorer Disdukcapil dan masyarakat.

“Terkait penerapan protokol kesehatan di Disdukcapil itu sudah lama kami terapkan, bahkan kita terapkan kawasan wajib masker, semua masyarakat yang datang di kantor Disdukcapil wajib pakai masker, cuci tangan atau memakai hand sanitizer, jaga jarak bahkan suhu tubuhnya diukur,” jelas Muh Jafar Abbas, kepada terkini.id, Senin, 10 Agustus 2020.

Dengan tegas Muh Jafar Abbas mengatakan, masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan namun tidak memakai masker, pihak Disdukcapil memberikan pemahaman terkait wajib memakai masker dan mengarahkan untuk pulang.

“Jika ada masyarakat yang tidak pakai masker kita sampaikan untuk pakai masker, jika alasannya lupa, kita arahkan untuk pulang mengambil maskernya,”bebernya.

“Itu bagi masyarakat yang domisilih dekat dengan kantor, kalau masyarakat dari wilayah yang jauh kita berikan masker, jadi masker yang kami berikan bukan untuk secara umum,” terang Muh Jafar Abbas.

Senada juga diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty A Mansyur, bahwa penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 sudah sejak awal diterapkan dalam pelayanan di setiap Puskesmas yang ada di Jeneponto.

“Instruksi Pak Bupati sudah lama kita terapkan dalam pelayanan di masing-masing Puskesmas, dan jika ada warga yang mengantar keluarganya yang dalam keadaan darurat dan dia tidak memakai masker kita berikan masker,” jelas Syusanty Mansyur.

Berkomentar dengan bijak!