Satu Warga Gowa Terduga Teroris Ditangkap Tim Densus 88, Polisi Bilang Begini

0
Satu Warga Gowa Ditangkap Tim Densus 88, Polisi Bilang Begini
Foto: Polisi melakukan olah TKP pasca Bom Bunuh Diri. [Ibnu Gaffar/Suaraturatea.com]

SUARATURATEA.COM, GOWA – Sejauh ini penyidik dari Tim Densus 88 telah mengamankan 20 orang terduga teroris di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, salah satunya warga Gowa.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan menjelaskan, bahwa dari 20 orang yang telah diamankan.

Dua dintaranya, kata Zulpan telah dipulangkan, keduanya dipulangkan karena tak cukup banyak bukti dengan keterlibatan jaringan JAD.

“Yang dipulangkan ada dua orang perempuan,” kata dia.

BACA JUGA : Tim Densus 88 Mabes Polri Tangkap Dua Orang Terduga Teroris, Satu di Gowa

Sementara itu, pria W berusia 36 tahun warga Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang diamankan Densus 88 di salah satu komplek perumahan di Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa itu saat ini masih dilakukan pemeriksaan.

W diamankan tim Densus 88 pada Jumat (2/4/2021) dua hari lalu.

Saat ditanyakan peran W yang diamankan ini, polisi menyebut W adalah salah satu bagian dari kelompok yang sama, yakni Jemaah Ansharut Daulah (JAD).

BACA JUGA : Identitas Terduga Teroris di Gowa dan Makassar yang Ditangkap Densus 88

“Masih (pemeriksaan oleh tim penyidik Densus 88, red). Mereka ini secara keseluruhan yah, bisa saya sampaikan bahwa mereka bagian dari kelompok yang sama, jadi tentunya kelompok JAD dan juga merupakan bagian yang masih terkait dengan Villa Mutiara yang diawal tahun telah menangkap 20 orang,” terangnya.

Sejauh ini, kata Zulpan, terduga teroris yang telah diamankan oleh Tim Densus 88 ini dilakukan pemeriksaan secara maraton, baik dari keterlibatan bom bunuh diri yang dilakukan pasangan suami istri itu, L dan YSF.

“Dimana mereka yang sekarang ini kita amankan dan kita periksa karena diduga terkait dengan bom bunuh diri di Gereja Katedral Kota Makassar, memang pada saat itu, tidak terkait langsung, tetapi mereka merupakan bagian yang sama (JAD), hari ini terkait langsung dan memiliki hubungan tentunya kedekatan, saling mengenal dan juga memberikan dukungan support, materil, yang terkait dengan aksi kedua bomber sendiri,” jelas Kombes Zulpan.

BACA JUGA : Benarkah Ajudan Bupati Jeneponto Yang Ditangkap Karena Sabu?

Saat dilakukan penangkapan terhadap terduga teroris W di Gowa dan H di Kota Makassar, pihak Densus 88 mengamankan berbagai barang bukti.

“Tentu ada barang bukti yang kita amankan yah. Namun, secara detail belum bisa saya sampaikan karena pemeriksaan masih berlangsung oleh tim Densus 88 Mabes Polri,” pungkasnya.

Berkomentar dengan bijak!