Santri Asal Kabupaten Bone Positif Covid-19

0
Santri Asal Kabupaten Bone Positif Covid-19
Ilustrasi santri

SUARATURATEA.COM, BONE – Seorang santri asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang baru saja pulang dari pesantren Al Fatah Temboro Magetan, Jawa Timur, dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Bone, drg Yusuf Tolo yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut

“Pasien positif COVID-19 datang dari Jawa,” kata Yusuf kepada Bonepos.com, Jumat malam, (24/4/2020)

Dijelaskan Yusuf, pasien positif covid-19 ini berumur 20 tahun dan berasal dari Desa Lamuru, Kecamatan Tellusiatting, Bone.

“Kronologinya itu, Dia tiba di Makassar tanggal 18 April 2020, kemudian melakukan pemeriksaan rapid tes di bandara dan hasilnya positif sehingga diisolasi di Makassar. Kemudian hasil pemeriksaan swab juga positif, ” jelasnya.

Yusuf menyebutkan saat ini, kondisi santri tersebut berangsur membaik dan dirawat di Hotel Swiss Bell Makassar. Laporan tersebut kata Dia diperoleh dari Satgas Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Bonepos.com, Ponpes Al Fatah di Temboro, Magetan dinyatakan sebagai klaster baru penularan Corona.

Sedikitnya 200 santri di ponpes tersebut menjalani rapid test pada Selasa (21/4/2020) lalu. Di pesantren ini memiliki 25 ribu orang santri.

Ketua Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Jatim, dr Kohar Hari Santoso menyebutkan, kebiasaan pesantren ini, ketika ramadan tiba, santri memilih untuk pulang kampung.

“Jadi kami sudah periksa santri. Di sana santrinya 25 ribu, kebiasaan pesantren pas puasa pulang kampung. Saat ini sekitar 5 sampai 6 ribuan santri yang masih berada di pesantren ini,” ungkapnya dilansir Kompas, Selasa kemarin.

Editor : Reza

Berkomentar dengan bijak!