Puluhan Motor Aksi BALI di Wilayah Jeneponto Berhasil Disita Polisi

0
roda dua yang terlibat balap liar berhasil diamankan polisi

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO — Puluhan unit kendaraan bermotor dirantai di halaman Kantor Polres Jeneponto, Minggu (26/4/2020).

Kendaraan tersebut merupakan hasil penindakan terhadap aksi balap liar (Bali) di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Jeneponto.

“Sudah 24 unit kami amankan tiga hari sejak dilakukan penertiban,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Jeneponto Ipda Baharuddin kepada media.

Saat ditindak sambungnya, tidak satu pun dapat menunjukkan surat, bahkan pengendara tidak ada yang mengenakan kelengkapan berkendara.

Ironinya, tutur mantan Waka Polsek Batang Polres Jeneponto, sebagian besar pengendara yang turut diamankan bersama belasan motor tersebut adalah remaja berusia masih dibawah umur.

“Apa yang mereka lakukan tak hanya membahayakan dirinya sendiri, namun juga itu membahayakan orang di sekitarnya,” tambahnya.

Sementara itu, beberapa diantara motor yang diamankan terdapat kendaraan custom.

Seperti menggunakan knalpot racing, mesin racing dan bodi motor yang sudah diupgrade tak normal, diduga merupakan kendaraan yang dipakai untuk balap liar.

Saat ditanya apakah dari belasan motor tersebut ada indikasi motor curian, Bahar tak mau berspekulasi terlalu jauh.

“Kami belum cek satu per satu. Apakah motor yang kami tahan itu termasuk dugaan hasil tindakan kejahatan,” jelasnya.

Meski begitu, kebijakan Kapolres Jeneponto, motor tersebut yang saat ini ditahan baru bisa diambil usai lebaran idul fitri.

Sebab dikhawatirkan bila dikeluarkan dalam waktu dekat ini akan kembali dipakai untuk kegiatan balap liar.

Sekaligus hal ini jadi efek jera bagi anak-anak yang masih mau mencoba ugal-ugalan di jalan.

“Perintah bapak Kapolres, habis lebaran baru bisa diurus atau dilepas. Itupun harus melengkapi komponen kendaraannya,” ungkapnya

Selain itu kata dia, surat kendaraan yang habis masa berlakunya lagi seperti STNK agar segera di perbaharui.

“Kalau STNK sudah habis masa berlakunya, kita himbau kepada pemilik untuk segera mengurusnya,” tutup Ipda Baharuddin.

Perlu diketahui, sejak dilakukan penertiban aksi Balapan liar (Bali) selama tiga hari di bulan Ramadhan dalam wilayah hukum Polres Jeneponto, polisi telah mengamankan 42 unit motor.

Ini dengan rincian 24 unit diamankan tim Bali Satlantas Polres Jeneponto, 10 unit Polsek Tamalatea, 1 Unit Polsek Batang, dan 7 unit Polsek Binamu.

Penulis : Tahir
Editor : Reza

Berkomentar dengan bijak!