Temukan Kami di Sini:

Pos Penyekatan Batas Jeneponto-Takalar, Siap-siap Pemudik di Tes Swab Antigen

0
Pos Penyekatan Batas Jeneponto-Takalar, Siap-siap Pemudik di Tes Swab Antigen
Pos Penyekatan Batas Jeneponto-Takalar, Siap-siap Pemudik di Tes Swab Antigen

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Penyekatan di batas Kabupaten Jeneponto-Takalar di hari pertama dijaga ketat TNI-Polri, tak hanya itu, juga dilibatkan Tim Satgas Covid-19.

Penyekatan dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan imbauan larangan mudik ke kampung halaman.

Para petugas gabungan menghentikan paksa kendaraan umum maupun pribadi untuk dilakukan pemeriksaan surat bebas covid-19.

Kepala Bidang (Kabid) P2P Dinas Kesehatan Jeneponto, Suryanigrat menjelaskan bahwa para pemudik akan menjalani tes swab antigen di tempat adalah pengguna jalan dengan keperluan pekerjaan.

“Hari ini kita mendukung kegiatan dari Polres Jeneponto operasi ketupat dalam hal ini Dinas Kesehatan menyediakan mobile PCR dan swab antigen pada mereka pengguna jalan yang tidak membawa keterangan rapid antigen dalal hal ini untuk keperluan bekerja,” kata Suryaningrat.

Dia menjelaskan, para pemudik yang hendak masuk ke wilayah Jeneponto dengan kepentingan tertentu, wajib menunjukkan surat keteragan negatif antigen. Jika tak ada, mereka akan dilakukan tes swab.

“Ada surat tugasnya dan tidak membawa surat keterangan negatif rapid antigennya kita periksa di tempat ini,” ungkapnya.

Dalam beberapa jam penyekatan, petugas berhasil menjaring beberapa orang pekerja luar yang masuk ke Jeneponto.

“Yang bekerja, seperti tadi ada yang bekerja di PLTU, Bosowa kita berikan kesempatan untuk diperiksa rapid antigennya di tempat ini, untuk memastika bahwa mereka masuk di Jeneponto betul-betul negatif dari Covid-19,” terangnya.

Untuk sementara, setidaknya petugas gabungan telah merazia sebanyak 8 orang yang menjalani swab tes antigen.

Swab tes antigen itu dilakukan oleh petugas Satgas Covid-19 karena tak mampu menunjukkan surat bebas Covid-19. Hasilnya negatif.

“Allhamdulillah sampai saat ini, kita sudah periksa 8 orang sampel semunya negatif. Mudah-mudahan tidak ada yang positif kita temukan di tempat ini,” pintanya.

Kata dia, mereka yang menjalani tes swab tidak diberikan surat tanda bukti. Namun, jika dibutuhkan, dinas kesehatan akan memberikan cip antigen.

“Jadi di tempat ini kita tidak memberikan surat keterangan, kalau di butuhkan kita hanya memberikan hasil pemeriksaan dalam bentuk cip antigen yang menunjukkan hasilnya negatif,” bebernya.

Dia menambahkan, bahwa bagi para pemudik akan diarahkan untuk balik arah.

“Kalau mereka yang tujuannya untuk mudik kita minta untuk pulang,” pungkasnya.

Berkomentar dengan bijak!