Pemkab Jeneponto Raih Nilai B Tata Kelola Pemerintahan Reformasi Birokrasi

Pemkab Jeneponto Raih Nilai B Tata Kelola Pemerintahan Reformasi Birokrasi
Pemkab Jeneponto Raih Nilai B Tata Kelola Pemerintahan Reformasi Birokrasi

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto kembali menerima penghargaan tingkat nasional pada penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (Sakip dan RB) Award 2021.

Penerimaan penghargaan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(PAN RB) dilakukan hadiri langsung Bupati Jeneponto, H Iksan Iskandar, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2022).

Penyerahan hasil evaluasi Sakip dan RB Award 2021 sendiri dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengumumkan hasil evaluasi tersebut pada Selasa, 5 April 2022 pukul 09.00 WIB.

“Penyerahan hasil evaluasi merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah,” kata Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini

Pemerintah Kabupaten Jeneponto sendiri dinilai berhasil dalam penyelenggaraan SAKIP dan RB tahun 2021, yang mengalami kenaikan predikat kinerja nilai B naik peringkat bersama 6 Kabupaten Kota lainnya di sulawesi selatan.

Pemerintah Kabupaten Jeneponto dalam hal penyelenggaraan SAKIP tahun 2021 mendapatkan kenaikan signifikan pencapaiannya dari hasil penilaian evaluasi SAKIP yang diukur dari elemen perencanaan yang baik, penyusunan sasaran baik indikator kinerja dan target kinerjanya, proses merencanakan program kegiatannya, kemudian bagaimana penggunaan anggarannya, serta mengukur tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dalam pencapaian target kinerja.

Sementara Bupati Jeneponto, melalui Kabid Protokol Pemkab Jeneponto Mustaufiq mengatakan, bahwa dari 24 Kabupaten kota di Sulawesi Selatan hanya 7 Kabupaten yang mendapat penghargaan diantaranya Kabupaten Jeneponto.

Menurutnya, Kabupaten Jeneponto dibawa kepemimpinan bupati H Iksan Iskandar bersama wakilnya H.Paris Yasir telah mendapat predikat B naik peringkat bersama 6 Kabupaten Kota lainnya di Sulawesi Selatan.

“Jadi hari ini cuma 41 kabupaten kota se Indonesia yang diberi penghargaan dan cuma 7 di Sulsel, Jeneponto salahsatu Kabupaten dari 7 tersebut. Dan ini patut bersyukur dan berbangga, tapi ini juga harus menjadi motivasi untuk perbaikan seluruh aspek layanan,” tutupnya.

Berkomentar dengan bijak!