Pemkab Jeneponto Minta Tak Ada Penyelenggaraan Kegiatan Peringati HUT RI-75

0
Alhamdulillah, Pasien Positif Covid Pertama di Jeneponto Sembuh
Kabag Humas Pemda Jeneponto, Mustaufiq

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Warga di Kabupaten Jeneponto diminta tidak menggelar aneka perlombaan yang bersifat mengumpulkan massa dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Hanya lomba kebersihan lingkungan yang diperbolehkan digelar. Selain itu, warga juga diminta tidak nekat menggelar malam tirakatan pada malam 17 Agustus karena masih pandemi Covid-19.

Terkait larangan menggelar aneka perlombaan dan malam tirakatan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg).

Kabag Humas Pemda Jeneponto, Mustaufiq, mengatakan, jika merujuk pada surat edaran tersebut, maka serangkaian lomba 17 Agustus itu ditiadakan.

“Jika merujuk pada surat edaran Menseneg, maka dapat dipahami bahwa kegiatan rangkaian 17 Agustus yang biasanya diadakan lomba, maka di masa pandemi Covid-19 ini, guna menimalisir perkumpulan, maka kegiatan berupa lomba ditiadakan,” ujar Mustaufiq saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (9/8/2020).

Sebelum ada pandemi Corona, berbagai jenis perlombaan mememang marak digelar warga Jeneponto dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Namun di tahun ini warga diminta tidak mengadakan kegiatan perlombaan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak. Itu masih tingginya kasus Corona di Jeneponto.

“Jangan sampai setelah kegiatan perlombaan dilaksanakan,  muncul kasus baru. Begitu pula dengan tirakatan Hari Kemerdekaan yang digelar pada malam 17 Agustus juga diminta ditiadakan,” tandasnya.

“Meski di masa pandemi covid-19 ini, ke hidmatan kita sebagai anak bangsa dalam memperingati hari jadi kemerdekaan ke-75 dan bendera merah putih, dan mengisinya dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” sambungnya.

Terpisah, Sekertaris Dinas Pemuda dan olahraga (Dispora) Jeneponto, Andi Kamil, mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada seluruh Desa, Lurah dan Camat untuk mengimbau kepada masyarakat bahwa tidak ada kegiatan 17-san.

“Kemarin lalu kita sudah kasih himbauan ke desa, lurah, camat untuk menghimbau masyarakatnya bahwa tidak ada kegiatan 17 Agustus untuk menyambut kegiatan 17-san di desa dan kelurahan masing-masing,” pungkasnya.

Berkomentar dengan bijak!