Pemkab Jeneponto Gelar World Cleanup Day

0
Pemkab Jeneponto Gelar World Cleanup Day

SUARATURATEA.COM – Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Lingkungan Hidup akan melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka World Cleanup Day tingkat Kabupaten Jeneponto tahun 2020.

Hal itu dibahas dalam Coffee Morning yang dipimpin langsung oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, di ruang Pola Panrannuangta Kantor Bupati Jeneponto, jalan Lanto Daeng Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Jeneponto, Senin 7 September 2020.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M Basuki Baharudin menyampaikan, World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat komunitas beberapa negara untuk membersihkan sampah.

“Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat dari permasalahan sampah,” jelas Basuki Baharuddin dalam rapat tersebut.

Kegiatan itu nantinya akan mengangkat teman “Bersatu Untuk Indonesia bersih” yang akan berlangsung pada 18-20 September 2020.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka World Cleanup Day meliputi aksi bersih-bersih pantai, pila sampah dari rumah, diskusi, talkshow lingkungan, penanaman pohon, lomba kreativitas cinta lingkungan,” ungkap mantan Camat Binamu itu.

Peserta dalam kegiatan tersebut akan melibatkan 10 ribu orang, peserta dari relawan yang meliputi unsur TNI, Polri, karyawan BUMN, BUMD, BUMS, Pemkab bersama dengan jajarannya, tokoh masyarakat dari Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Kita juga akan melibatkan, ormas, OKP, organisasi perempuan, organisasi profesi, komunitas pencinta lingkungan, seni budaya, komunitas pencinta mobil, motor, sepeda dan  siswa SMA sederajat, direncanakan aksi bersih pantai di 3 titik lokasi di Kecamatan Binamu, Bangkala Barat dan Tarowang,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar menegaskan, agar kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan sinergitas dengan semua pihak.

“Saya menegaskan, kepada semua pejabat OPD dan ASN Pemkab Jeneponto agar tidak ada yang keluar daerah saat kegiatan berlangsung,” tegas Iksan Iskandar.

Selain itu, Iksan Iskandar meminta kepada OPD untuk tidak melakukan pelayanan di kantor selama kegiatan World Cleanup Day berlangsung.

“Saya meminta kepada Kadis Lingkungan Hidup untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan, terutama bibit pohon yang akan ditanam,” ujarnya.

Sementara, Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Gustiawan Ferdianto, menyampaikan kesiapannya untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.

“Insyaallah, kita akan mengerahkan anggota dalam pelaksanaan, dan menyerankan untuk menetapkan lokasi pelaksanaan Apel pelaksanaan kegiatan tersebut, bukan hanya sampah yang harus dibersihkan, namun kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sembarangan penting untuk dibersihkan,” jelas Letkol Inf Gustiawan Ferdianto.

Ia berharap agar pemanfaatan sampah dapat menjadi penujang peningkatan perekonomian masyarakat.

“Saya juga sangat mengharapkan, kita fokus pada pemanfaatan sampah yang dapat menghasilkan hasil karya yang dapat menghasilkan, hasil karya dari sampah itu kan bisa di di jual di setiap destinasi wisata di Kabupaten Jeneponto,” harapnya.

Berkomentar dengan bijak!