Pemkab Gowa Lakukan Penandatanganan Empat MoU Terkait Program Peternakan

0
Pemkab Gowa Tandatangani Empat MoU Terkait Program Peternakan
Pemkab Gowa Tandatangani Empat MoU Terkait Program Peternakan

SUARATURATEA.COM, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) yang berlangsung di kawasan Ballroom Padivalley Golf Club di Pattalassang, Pallantikang, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Senin (1/3/2021).

Di sana, Pemda Gowa melakukan empat penandatanganan MoU, yakni Program peternakan dengan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI tentang
Program Super Prioritas Peternakan, Universitas Hasanuddin tentang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Gowa.

Serta MoU antara Pemerintah Kabupaten Gowa Dengan PT Sumber Citarasa Alam/Cisarua Mountain Dairy (Cimory) tentang Pengembangan Ternak Sapi Perah dan Pemasaran Produk Olahan, serta penandatangan dengan PT Berdikari Terkait Program Sapi Potong.

Di lokasi, penandatangan disaksikan langsung oleh Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, serta dihadiri Forkopimda Kabupaten Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Pemkab Gowa telah menyiapkan tiga lokasi.

Selain itu tiga lokasi ini telah disurvei langsung oleh pihak Cimory.

“Lokasi fix adalah kita sudah kasih tiga lokasi, dia sudah melakukan survei. Nanti dia akan fixkan dari tiga lokasi yang telah kita tunjukkan dimana yang akan di pakai,” kata Bupati dua periode ini.

Dikatakan, salah satu lokasi yang telah ditunjuk Pemerintah Kabupaten Gowa adalah eks Pabrik Markisa Gowa yang saat ini tidak lagi beroperasi.

Selain itu kata Adnan, pihaknya membuka komunikasi ini dimasa pandemi dengan Kementerian Pertanian untuk terus melakukan inovasi atau berinvestasi di Kabupaten Gowa.

“Ditengah pandemi ini kita dituntut untuk terus melakukan inovasi dan berkarya untuk daerah kita, dan Alhamdulillah hari ini kita melakukan penandatangan MoU dimana semua ini berkat bantuan Menteri Pertanian RI yang tidak pernah melupakan Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Bahkan itu, terkait bentuk kerjasama yang dilakukan khusus Cimory, Pemkab Gowa mempersiapkan lahan dan akan mendapatkan benefit yang bermuara pada peningkatan PAD Pemkab Gowa.

“Kita permudah investasinya, misalnya kita yang siapkan lahan dan dalam investasi yang dilakukan pasatinya akan ada benefit yang diberikan kepada Pemda, inilah yang masuk pada PAD, jadi investasinya boleh full atau sharing yang jelas ada keuntungan tang diberikan kepada kabupaten,” tambah Bupati yang kembali terpilih itu.


Penulis            : Ibnu Gaffar
Editor              : Reza Demil

Berkomentar dengan bijak!