Pekan kedua Bulan Suci Ramadan, Harga komositas Pangan Naik.

0

Aiman/Jurnalis

TURATEANEWS.com,JENEPONTO–Memasuki pekan kedua bulan suci ramadan 1437 H, Sejumlah harga komoditas pangan di pasar tradisional Turatea Karisa Jeneponto provinsi Sulawesi Selatan terus merangkak naik. Harga komoditas yang mengalami kenaikan secara signifikan terjadi pada komoditas  wortel, kol dan kentang.

Sebelumnya harga wortel dijual dengan harga lima ribu rupiah perkilonya kini naik menjadi lima belas ribu rupiah perkilonya.

Harga kol sebelumnya lima ribu rupiah perkilonya kini naik menjadi delapan ribu rupiah perkilonya. Sedangkan kentang sebelumnya dijual dengan harga delapan ribu rupiah kini naik menjadi dua belas ribu rupiah perkilonya.

Seorang pedagang Karisa, Baharuddin Daeng Rungga menuturkan bahwa penyebab naiknya  harga tiga  komoditas seperti wortel, kol dan kentang, tiga hari terakhir di pekan kedua ramadan ini, dikarenakan kurangnya pasokan dari pihak penyalur maupun dari para petani, sehingga ketersedian tidak mencukipi, bahkan sudah hampir habis.

“Pasokan wortel, kol dan kentang, sangat langka pak, jadi harganya  naik, sementara permintaan konsumen tiap hari meningkat”. Jelasnya

Baharuddin menambahkan meski harga komoditas wortel, kol dan kentang terus merangkak naik. Namun harga sejumlah kebutuhan pokok lainnya seperti cabai rawit, dan cabai keriting yang sebelumnya juga pernah mengalami kenaikan, justru kini mengalami penurunan secara signifikan.

Harga cabai keriting yang sebelumnya pernah melonjak dikisaran harga empat puluh ribu rupiah perkilonya justru kini turun menjadi lima belas ribu rupiah perkilonya.

Begitu juga dengan harga bawang merah yang sebelumnya pernah naik dikisaran harga dua puluh ribu rupiah perkilonya kini turun menjadi lima belas ribu rupiah perkilonya.

Turunnya harga cabai dan bawang merah ini dikarenakan pasokan sudah mulai lancar seiring mamasuki masa panen cabai dan bawang merah bagi para petani di salah satu kecamatan penghasil sayur mayur di Jeneponto yakni di kecamatan Rumbia.

Sementara harga wortel, kol dan kentang diprediksi akan terus merangkak naik hingga mendekati hari lebaran nanti karena pasokan terus berkurang, sementara permintaan konsumen terus meningkat tajam.

Baca Juga :

Akibat Cuara Buruk, Harga Ikan Dipasar Tradisional Jeneponto Terus Menanjak

 

Kehabisan Stok AKP Jamaluddin Mengaku Hanya Menerima Dua Karung Gula Pasir

Berkomentar dengan bijak!