Mobil Satpol PP Gunakan Lampu Rotator, PN Malang Denda 99 ribu

0
Kepala Satlantas Kepolisian Resor Malang Kota Jawa Timur, AKP David Triyo Prasojo SH, SIK

Agung/Jurnalis

TURATEANEWS.com,MALANG–Kepala Satlantas Kepolisian Resor Malang Kota Jawa Timur, AKP David Triyo Prasojo SH, SIK, akhirnya memenangkan proses peradilan tindak pidana ringan, setelah hakim Pengadilan Negeri Malang memutuskan bersalah atas mobil Patwal Satpol PP Kota Malang yang menggunakan rotator atau lampu sirine yang tidak sesuai peruntukannya.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Malang Kota, memberikan tilang pada mobil Satpol PP pada Jumat, (19/5/2016) lalu. Mobil Satpol PP tersebut juga ditahan di Kantor Unit Laka Satlantas Polres Malang Kota di Jalan Dr Cipto hingga disidangkan.

Pada sidang tanggal 27 Mei 2016, Hakim Pengadilan Negeri Malang akhirnya memutuskan bersalah pada mobil Satpol PP Kota Malang karena memakai rotator biru pada mobil Pamwal Satpol PP Kota Malang, dan menghukum denda sebesar Rp 99 ribu.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP David Triyo Prasojo menyebutkan, sidang tersebut bukan khusus pada Satpol PP saja. Tapi juga termasuk sidang tilang pelanggar lalu lintas lainnya, yaitu di ruang sidang Kantor Satlantas Jalan Dr Cipto Kota Malang. “Segala prosedur akan dilakukan sesuai aturannya dan saya berharap pihak yang bersangkutan juga mengikuti aturan hukum yang sesuai,” ungkap AKP David.

Dia juga menegaskan, penilangan dari polisi dan putusan hakim itu sudah sesuai dengan UU No 22 pasal 59 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Disebutkan, bahwa yang berhak menggunakan isyarat lampu biru dan sirine bising hanyalah Kepolisian Republik Indonesia. “Yang penting bukan hukumannya, tapi esensi dari penegakan peraturan yang kami tekankan, dan hukum yang tetap,” kata AKP David. “Untuk Satpol PP, karena sudah divonis, jadi harus mengganti dengan yang sesuai, yakni warna kuning. Dan untuk warga lain, kami harap tidak sembarangan memakai rotator, meski hanya untuk aksesoris,” tegasnya.

Sumber : Humas_Polri

Baca Juga :

Lima Anggota Polwan Terluka Setelah Mobil Yang Dikendarainya Terjungkal

Berani Bali, Kasat Lantas Ancam Pengendara Beri Sanksi Tegas

Selama Ops Patuh, Polres Jeneponto Tilang 409 Pelanggaran Lalu Lintas

Berkomentar dengan bijak!