Temukan Kami di Sini:

Mengenal Lebih Dekat, Kampung Tua Bitombang Titik Nol Tempat Pelaksanaan TMMD ke 111 di Selayar

0
Mengenal Lebih Dekat, Kampung Tua Bitombang Titik Nol Tempat Pelaksanaan TMMD ke 111 di Selayar
Mengenal Lebih Dekat, Kampung Tua Bitombang Titik Nol Tempat Pelaksanaan TMMD ke 111 di SelayarMengenal Lebih Dekat, Kampung Tua Bitombang Titik Nol Tempat Pelaksanaan TMMD ke 111 di Selayar

SUARATURATEA.COM, SELAYAR – Tak banyak yang tahu, rupanya lokasi yang diselenggarakan TMMD yang ke 111 Kodim 1415 Selayar adalah salah satu pemukiman tua yang berada di atas bukit, Kampung Tua Bitombang ini tepat berada di Titik Nol Selayar.

Kampung yang digagas TMMD ke 111 Selayar ini dikenal adalah Kampung Tua Bitombang, rumah pemukiman berdiri kokoh dengan aestetik. Apa yang menarik? Simak disini!.

Ada yang menarik dari kampung ini, ternyata Kampung Tua Bitombang ini adalah salah satu lokasi Titik Nol yang memiliki beragam objek wisata. Selain itu, kita juga bisa melihat beragam keunikan rumah milik warga.

BACA JUGA : Jeneponto Bakal Terapkan PPKM Skala Mikro, Dua Kecamatan Ini Masuk Zona Hijau

Titik Nol adalah tempat dimana jalan yang dibuka oleh para Satgas TMMD di Kepulauan Selayar, lokasinya tepat berada di Ujung Timur Kampung Tua Bitombang. Kampung yang satu ini juga memiliki banyak cerita bersejarah di Kepulauan Selayar.

Pemukiman warga Kampung Bitombang ini dikenal dengan berbagai bangunan rumah tua. Rumah warga mampu berdiri kokoh di atas tiang-tiang kayu setinggi belasan meter dengan mengikuti bentuk topografi tanah yang memang bertebing dan curam.

Konstruksi bangunan warga di sana kemudian menjadi salah satu keunikan yang bersejarah dan diminati banyak wisatawan luar dan lokal. Keunikannya, bangunan rumah warga di sana, hanya berlandaskan tiang-tiang yang ditumpangkan dengan tanah.

BACA JUGA : Segera Cek TV Kamu, Begini Cara Mengetahui TV Kamu Digital atau belum

Rumah kayu ini disebut bisa bertahan hingga 90 tahun, Konon, anda bisa melihat ketinggian rumah warga berhubungan dengan umur penghuninya.

Pemandangan yang bisa dilihat dari rumah sungguh sangat indah. Ditambah warga di sana ramah dan santun ketika wisatawan lokal dan luar berdatangan.

Salah seorang warga, Andi Nur Hamzah mengaku sangat bersyukur dengan adanya program TMMD ke 111 Selayar. Bukan tanpa alasan, dirinya mengaku warga setempat kini tak lagi merasakan terisolir.

BACA JUGA : Pelanggaran Prokes di Gowa, Pihak Malino Food City Penuhi Panggilan Gugus Tugas

“Alhamdulillah, dengan adanya program TMMD ini yang membuka jalan, menembus hutan dan mengikis bukit membuka keterisoliran warga kampung Tola Lura’ Gantarang, selama puluhan tahun,” curah Andi Nur Hamzah.

Bahkan kata dia, Kampung Tola ini pernah menjadi perbincangan hangat di jagat media sosial lantaran salah satu warga setempat yang sakit harus ditandu menggunakan sarung hingga berjam-jam untuk sampai ke kampung tetangga.

“Saat ini alhamdulillah setelah jalan dibuka, kampung Tua Bitombang dan Kampung Tola sudah mendapat kunjungan orang luar. Mereka penasaran dengan keindahan dan sumber daya alam kedua kampung dipesisir timur pulau Selayar ini,” ungkapnya.

BACA JUGA : [UPDATE] Makam yang Dibongkar Tanpa Jasad di Jeneponto Ternyata Berusia 31 Tahun

Menariknya dari Perkampungan Tua Bitombang ini adalah memiliki rumah Traditional dengan desain rumah panggung yang tinggi yang berusia diatas 100 – 200 Tahun.

Warga setempat mengaku alasan rumah yang dibangun tinggi itu adalah karena kepercayaan penduduk setempat bangunan yang tinggi itu salah satu untuk menandakan kekokohan. (**)

Berkomentar dengan bijak!