Temukan Kami di Sini:

Masa Kontrak Kerja Habis TKA, Asal China ‘Pulang Kampung’ dari Bantaeng

0
Masa Kontrak Kerja Habis TKA, Asal Cina 'Pulang Kampung' dari Banteng
TKA Cina pulang ke negaranya [ISTIMEWA/IMIGRASI]

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Sebanyak empat orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina yang telah selesai masa kontrak kerjanya di Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Bantaeng kembali ke negaranya Jumat 10 Juli 2021.

Kepala Divisi Keimigrasian Knawil Kemenkumham Sulawesi Selatan Dodi Karnida membenarkan terkait kepulangan empat TKA asal China tersebut, mereka dipulangkan karena masa kontrak kerja telah habis.

“Mereka yang semuanya laki-laki itu memang telah habis masa kontraknya dan tentu saja masa izin tinggal dari imigrasi juga akan segera berakhir,” ujar Dodi melalui siaran persnya.

BACA JUGA: Wali Kota Makassar Lockdown Balaikota, Ini Penegasannya!
BACA JUGA: Haduh! Disnaker Tak Tahu Ada 20 TKA Tiongkok Masuk Bantaeng

Dodi menmbahkan, selain TKA asal China, ada juga WAN yang meninggalkan Sulawesi Selatan dan disebut masa kontrak mereka juga telah habis, enam WNA pengungsi itu (suami, istri, dua anak laki-laki dan dua perempuan) asal Myanmar.

Selanjutnya satu pengungsi laki-laki asal Palestina dan dua pengungsi perempuan asal Somalia, juga akan meninggalkan Makassar untuk dipindahkan ke Jakarta dalam rangka persiapan guna penempatan (resettlement) ke negara asalnya.

“Namun, pemberangkatan pengungsi ini masih terkendala dengan adanya penerapan PPKM di Jakarta sehingga waktu keberangkatannya akan disesuaikan kemudian,” tutur Dodi.

BACA JUGA: Dimana Keberadaan 20 TKA Tiongkok yang Bekerja di Bantaeng?
BACA JUGA: Jawa-Bali PPKM, 20 TKA Tiongkok Masuk Sulsel dan Kerja di Bantaeng

Dodi menambahkan, mereka telah diberangkatkan ke Jakarta. Pengungsi dalam bantuan IOM di Makassar sisa 1.615 dari delapan negara Asia dan lima negara Afrika. Sedangkan mayoritas pengungsi berasal dari Afghanistan dan Myanmar.

Berkomentar dengan bijak!