Lini Masa Rentetan Peristiwa Ledakan di Lebanon

0
Peristiwa ledakan di lebanon

SUARATURATEA.COM, LEBANON – Ledakan besar di pelabuhan Beirut telah menewaskan sedikitnya 78 orang dan melukai ribuan lainnya. Ledakan ini mengirimkan gelombang kejut ke seluruh ibu kota Lebanon dan menghancurkan kaca-kaca jendela serta apartemen di sekitar pelabuhan.

Warga Lebanon yang telah lama dilanda konflik awalnya mengira ledakan itu adalah serangan militer. Beberapa warga lainnya berpikir getaran yang ditimbulkan oleh ledakan merupakan efek dari gempa berkekuatan besar.

Ini bukan pertama kalinya ledakan terjadi di Lebanon. Namun warga setempat meyakini ledakan di pelabuhan adalah yang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah. Berikut adalah rangkaian peristiwa ledakan di Lebanon sejak sebuah bom truk meledak di Beirut pada 14 Februari 2005 dan menewaskan mantan Perdana Menteri Rafik al-Hariri.

24 Januari 2018: Sebuah ledakan bom melukai seorang anggota kelompok Hamas di kota Sidon, Lebanon. Ledakan itu menghancurkan mobil yang ditumpangi kelompok Hamas ketika hendak masuk ke Lebanon.

12 Juni 2016: Sebuah bom meledak di luar markas Lebanon Blom Bank di Beirut. Ledakan menyebabkan kerusakan tetapi tidak ada korban jiwa.

12 November 2015: Setidaknya 43 orang tewas dan lebih dari 240 lainnya luka-luka dalam dua ledakan bom bunuh diri yang diklaim oleh ISIS di sebuah distrik perumahan yang ramai di pinggiran selatan Beirut. Wilayah itu dikenal sebagai markas kelompok Hizbullah.

2 Januari 2014: Sebuah bom mobil menewaskan sedikitnya lima orang di markas Hizbullah di Beirut selatan. Serangan ini adalah yang terbaru dari serangkaian serangan mematikan yang menargetkan Syiah dan Sunni di Lebanon.

24 Juni 2014: Seorang petugas keamanan tewas ketika seorang pengebom bunuh diri meledakkan sebuah bom mobil di dekat pos pemeriksaan tentara Lebanon di Beirut.

27 Desember 2013: Mantan menteri Lebanon Mohamad Chatah, yang menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad, terbunuh dalam ledakan bom besar-besaran.

19 November 2013: Dua bom bunuh diri mengguncang kompleks kedutaan Iran di Lebanon, menewaskan sedikitnya 23 orang termasuk atase budaya Iran.

15 Agustus 2013: Setidaknya 20 orang tewas dan lebih dari 212 lainnya terluka ketika sebuah bom mobil meledak di dekat benteng Hizbullah di daerah Dahia selatan Beirut.

9 Juli 2013: Sebuah bom mobil besar mengoyak kelompok Hizbullah di Beirut, yang bertempur bersama Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah. Ledakan bom itu melukai 53 orang.

19 Oktober 2012: Sebuah ledakan bom mobil di Beirut menewaskan seorang pejabat tinggi keamanan Libanon. Pejabat tinggi itu tergabung dalam tim penyelidikan yang melibatkan Suriah dan Hizbullah dalam pembunuhan al-Hariri pada 2005.

25 Jan 2008: Sebuah bom mobil menewaskan seorang perwira polisi yang terlibat dalam penyelidikan pembunuhan di Libanon, dalam serangan di pinggiran Beirut, yang sebagian besar beragama Kristen.

12 Oktober 2007: Sebuah bom mobil di dekat Beirut menewaskan seorang perwira senior militer, yang merupakan pesaing utama untuk mengambil alih sebagai kepala militer.

13 Juni 2007: Anggota parlemen anti-Suriah, Walid Eido dan lima orang lainnya tewas oleh bom mobil di dekat klub pantai Beirut.

Berkomentar dengan bijak!