Temukan Kami di Sini:

Kronologi Penangkapan Dua Pria Pemilik Sabu 40 Kg Digagalkan Polda Sulsel

0
Kronologi Penangkapan Dua Pria Pemilik Sabu 40 Kg Digagalkan Polda Sulsel
Foto: Polda Sulsel menggelar press release terkait pengungkapan narkotika puluhan kilogram jenis sabu dan ribuan ekstasi. [SUARATURATEA.COM-ISTIWEWA]

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel meringkus dua orang pelaku penyeludupan barang haram, narkotika jenis sabu dan ribuan ekstasi.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan saat memimpin press release di Mapolda Sulsel yang didampingi oleh Wadir Narkoba dan Kasubdit Penmas Polda Sulsel. Kamis (26/8/2021).

Kepada media, Zulpan menjelaskan pengungkapan sabu seberat 40 Kg ini berawal dari laporan informasi penyelidikan Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel, tentang adanya peredaran gelap Narkotika di wilayah Kota Makassar.

“Awalnya Timsus menangkap Pelaku RL, Rabu (25/08), di salah satu hotel di Makassar dan dari hasil interogasi diketahui, akan ada transaksi narkotika di salah satu hotel lainnya,” ujar Komisaris Besar Polisi ini.

Selain mengamankan 40 Kg Narkoba jenis sabu, pihaknya juga menyita 4.000 butir ekstasi. Kondisi barang haram itu di isi dalam dua koper dan satu tas jinjing.

Sementara itu, saat operasi penangkapan ini dilakukan, langsung dipimpin oleh Dir Res Narkoba Polda Suslel, Kombes Pol La Ode Aries Elfatar bersama dengan Kompol Rafiuddin, Kanit Timsus Polda Sulsel.

Kedua pelaku itu masing-masing beridentitas pria SY (37), warga Jalan Gang Mulia, Kecamatan Sungai Jiinga Banjar Utara, Kalsel. Sementara JA (24) adalah warga Sulawesi Selatan.

Saat SY ditangkap, polisi lalu mengembangkan kasus tersebut hingga mengakui bahwa dirinya juga menguasai barang haram itu di salah satu hotel di Kota Makassar.

“Selanjutnya penguasaan barang narkotika itu pada sebuah kamar hotel barang bukti berupa 1 tas koper berisi 30 bungkus sabu, 1 bungkus extacy berisi 2.000 butir, dan barang bukti lainnya berupa Hp dan Mobil,” terang Zulpan.

Lebih jauh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel ini menuturkan, dari hasil interogasi terhadap SY, diketahui masih ada barang bukti berupa sabu di rumahnya di Kompleks Griya Harapan Pampang, Makassar.

Sehingga pada saat itu juga Timsus Ditresnarkoba Polda Sulsel melakukan penggeledahan pada rumah tersebut dan kembali ditemukan 10 bungkus sabu, 1 bungkus ekstasi berisi 2.000 butir. dan juga diamankan sebuah Mobil Truk.

“Jadi dalam pengungkapan ini secara keseluruhan, aparat Ditresnarkoba Polda Sulsel berhasil menggagalkan peredaran 40 Kg Shabu dan 4.000 Butir ekstasi,” bebernya.

Kedua pelaku ini diduga memperoleh barang haram itu dari lintas negara yakni, Malaysia-Indonesia. (*)

Berkomentar dengan bijak!