KPU Makassar Tetapkan 19 Jalan Ini Harus Bersih dari APK

0

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – KPU Kota Makassar telah menetapkan sejumlah ruas jalan yang dinyatakan harus bersih dari alat peraga kampanye (APK) kandidat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar.

Hal itu tertuang dalam Berita Acara Pleno KPU Kota Makassar Tentang Penetapan Titik Pemasangan Alat peraga Kampanye Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Tahun 2020.

  1. Setidaknya, ada 19 ruas jalan yang tidak diizinkan untuk dipasangi APK, yaitu:

Jalan Jenderal Sudirman;

Jalan Jenderal Achmad Yani;

Jalan Penghibur;

Jalan Haji Bau;

Jalan Somba Opu;

Jalan Penghibur;

Jalan Pasar Ikan;

Jalan Ujung Pandang;

Jalan Riburane;

Jalan Nusantara;

Jalan Tentara Pelajar;

Jalan Bawakaraeng;

Jalan Ratulangi;

Jalan Alauddin;

Jalan Urip Sumiharjo;

Jalan Bandang;

Jalan Veteran 3

Jalan A.P. Pettarani; dan

Jalan Perintis Kemerdekaan.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar juga mnewanti-wanti pasangan calon agar tidak memasang APK sebelum memasuki masa kampanye.

“Jika paslon yang melakukan itu, maka kita bisa memaknai sebagai kampanye di luar jadwal dan tentunya itu sanksi pidana,” terang Ketua Bawaslu, Nursari, Rabu (23/9) kemarin.

Jika terbukti melanggar, kontestan bisa dijerat pasal 492 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, karena telah melakukan kampanye di luar jadwal.

Sesuai jadwal, kampanye baru boleh dilakukan kandidat pada 26 September hingga 5 Desember mendatang.

“Orang berkampanye itu nanti tanggal 26 September. Artinya tidak boleh ada kampanye (sebelumnya). Kita sudah tegaskan. Kami tidak punya kendala lagi untuk melakukan tindakan karena sudah ditetapkan sebagai pasangan calon wali kota,” pungkas Nursari.

Editor : Reza Demil

Berkomentar dengan bijak!