Temukan Kami di Sini:

Konon Cerita Wabah, Makam Misterius di Kampung Terisolir Tempat Satgas TMMD ke 111 Selayar

0
Konon Cerita Wabah, Makam Misterius di Kampung Terisolir Tempat Satgas TMMD ke 111 Selayar
Makam ratusan tahun ditemukan tanpa nisan di Kampung Tola, tempat Satgas TMMD ke 111 Selayar.

SUARATURATEA.COM, SELAYAR – Ratusan makam misterius yang termakan usia di Kampung Tola, Kelurahan Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi misteri.

Pasalnya, makam misterius yang berusia ratusan tahun itu sudah tidak lagi bisa dikenali siapa milik makam tersebut di Kepulauan Selayar. Tak ada juga nama di prasasti makam tersebut.

Makam ini ditemukan di lokasi berlangsungnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1415 Selayar yang ke 111.

BACA JUGA : Akan Dikenang, Satgas TMMD Bangun Tugu-Prasasti di Lokasi Sebelum Berakhir

Kondisi makam yang telah usang dimakan usia ini dilihat dari struktur dan bebatuannya.

Makam tersebut tampak berwarna abu-abu cenderung putih, sementara panjang pekuburan ini relatif bervariasi, dari yang berukuran kecil hingga besar.

“Kita lihat batu nisannya polos dan tidak ada identitas siapa makam tersebut. Sepertinya ini salah satu cagar situs tua tua,” kata Kepala Kepala Lingkungan Tola, Misbahuddin saat dihubungi media. Minggu (11/7/2021).

BACA JUGA : Kamu Harus Tahu! Inilah Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Selain itu, cerita pekuburan tua ini juga melegenda dan menyimpan misteri.

Bahkan disebutkan pekuburan tua ini adalah para korban yang saat itu wabah penyakit misterius menyerang hingga mengakibatkan kematian massal yang melanda dahulu kala.

“Menurut kisah ini, mereka yang dimakamkan adalah warga kampung tua Lura’Gantarang yang terkena wabah, dengan jumlah kematian massal, sehingga mereka pergi meninggalkan kampungnya, selanjutnya sebagian kemudian pindah ke kampung Tola dan bertahan hingga saat ini. Wallahu alam,” jelasnya.

Entah pada tahun berapa kejadiannya, namun telah berumur ratusan tahun, dan yang saya tahu, adalah pemilik pohon kelapa tinggi-tinggi ini di sekitar kuburan, menanam pohon kelapanya, sudah ada memang mi ini kuburan disini,” sambung Misbahuddin.

BACA JUGA : Wali Kota Makassar Lockdown Balaikota, Ini Penegasannya!

Diketahui, Kampung Tola ini berada di Pantai Timur Pulau Selayar. Lokasinya, tepat di wilayah pemerintahan Kelurahan Bontobangung dan Kecamatan Bontoharu.

Sementara lokasi ratusan makam tersebut berada tidak jauh dari kampung Tola.

Sebelumnya kampung Tola, atau setidaknya di daerah Timur pulau Selayar ini telah terisolir selama puluhan tahun, itu disebabkan karena tidak adanya akses jalan.

BACA JUGA : Simak Berikut Jadwal TV Hari Ini Minggu 11 Juli 2021, Ikatan Cinta, OK-Jek Hingga Piala Euro

“Wallahu alam (masih misteri cerita makam). Memang dulu kampung ini tidak bisa diakses dengan kendaraan, sekarang baru bisa, karena jalan 3,2 km sudah dibuka sama Prajurit Satgas TMMD,” tambahnya. (**)

Berkomentar dengan bijak!