Kesan Moral di Bulan Ramadan, Pemuda-pemudi Desa Jombe Gelar Lomba Keagamaan

0
Kesan Moral di Bulan Ramadan, Pemuda-pemudi Desa Jombe Gelar Lomba Keagamaan
Kesan Moral di Bulan Ramadan, Pemuda-pemudi Desa Jombe Gelar Lomba Keagamaan

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Sejumlah pemuda-pemudi yang tergabung dalam Karang Taruna Jester (Jombe Emposipitangngarri) dan IPPDJ (Ikatan Pemudia Peduli Desa Jombe) sukses menggelar lomba keagamaan.

Semarak lomba keagamaan ini digelar antar desa di Jombe, Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut diprakarsai NURANI (Nuansa Ramadhan Nan Islami) dengan mengangkat tema, “Melestarikan Budaya Qur’ani Dalam Membangun Generasi Unggul & Berakhlakul Karimah”

Ini berlangsung sejak Sabtu, 1 Mei hingga 8 Mei mendatang. Ketua Karang Taruna Kecamatan Turatea, Ruslan Rabattini mengapresiasi inisiasi kelompok pemuda dengan melakukan kegiatan positif di bulan penuh berkah ini.

“Bulan ini adalah bulan keberkahan, atas inisiasi para pemuda setempat kita juga mendukung untuk terus melahirkan Hafidz-hafidz yang handal,” kata dia senada dengan Ketua Karang Taruna Kabupaten Jeneponto, Mansur.

Kegiatan tersebut menyertakan tujuh item lomba, masing-masing itu adalah, Lomba Ceramah (Kategori Remaja & Anak-anak), Lomba Surah-surah Pendek, Lomba Adzan, Lomba Tilawah (Kategori Remaja & Anak-anak), Lomba Praktik Salat, Lomba Busana Muslim, & Lomba Cerdas Cermat Islami.

“Untuk pertama kalinya, kegiatan Lomba Keagamaan tersebut diselenggarakan dengan konsep yang lebih meriah dan terbuka, sehingga semua kalangan masyarakat dapat ikut memeriahkan kegiatan lomba tersebut dan menjalin silaturahmi satu dengan yang lainnya, dengan desain panggung islami melengkapi nuansa bulan suci ramadhan,” tambahnya.

Sementara itu, kegiatan ini juga merupakan ruang belajar terbuka bagi anak-anak maupun remaja dalam bidang keagamaan.

“Sehingga anak-anak sebagai generasi muda dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berakhlak sesuai dengan apa yang menjadi tema dari kegiatan tersebut,” tutur Mansur.

Di acara pembukaan kegiatan tersebut dihadiri juga tampak dihadiri langsung oleh Kepala Desa Jombe, Jusmaedy dan beberapa tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Sebelum menggelar kegiatan, pihaknya terlebih dulu menampilkan Tari Paduppa, Tari Panngadakkang, Dan Qasida Rabana.

Ketua Panitia Arfandi Tola berharap kegiatan ini bukan akhir dari segalanya, tetapi merupakan awal progresifitas Desa Jombe yang senantiasa progres dalam berbagai kegiatan-kegiatan.

“Selain itu, berbagai bidang juga diharapkan lebih baik untuk kedepannya di Desa Jombe hingga mampu memberikan sumbangsi yang signifikan terhadap Pemerintah Desa untuk kemajuan Desa,” bebernya.

“Waktunyalah kita Pemuda Jombe membuktikan bahwa inilah kita!. Kita sudah tampilkan kemasyarakat, sesuai dengan apa yang menjadi misi kami, menciptakan pemuda yang inovatif, kreatif dan sehat jasmani dan rohani” sambung ketua Karang Taruna Desa Jombe, Muslimin. (**)

Berkomentar dengan bijak!