Kejaksaan Negeri Jeneponto Musnahkan 1,541 Gram Sabu

0

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO — Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) memusnahkan barang bukti narkotika seberat 1,541 Gram.

Selain narkotika Jenis Sabu, barang bukti (BB) yang turut dimusnahkan alat isap dan senjata tajam.

Pemusnahan barang bukti tersebut di gelar di Halaman Kejaksaan Negeri Jeneponto, Jum’at (12/6/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) Ramadiyagus mengakatan, bahwa barang bukti yang di musnahkan terdiri dari 9 kasus narkotika dan 11 kasus lainnya.

“Kalau barang bukti narkotika yang dimusnahkan adalah jenis sabu seberat 1,541 gram,” ujarnya

Dia mengatakan, bahwa sejumlah barang bukti yang telah dimusnakan tersebut, tergolong kecil. Pasalnya, pihaknya rutin melakukan pemusnahan BB.

“Iya, memang saya perintah kasi barang bukti untuk melakukan pemusnahan secara rutin yakni satu kali hingga dua kali dalam setiap tiga bulan,” jelasnya.

Ramadiyagus mengungkapkan, bahwa pemusnahan barang bukti dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan narkotika yang ada serta melaksanakan perintah putusan hakim.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Barang Bukti Kejaksaan Negeri Jeneponto (Kejari) Hendryko Prabowo, menjelaskan bahwa barang bukti yang di musnahkan ini adalah perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah.

“Jadi barang bukti yang dimusnahkan ini adalah perkara yang mempunyai hukum tetap sejak bulan Februari sampai Juni,” ucapnya.

Kata Hendryko, yang dimusnahkan adalah sabu seberat 1,451 gram terdiri dari 41 sachet berisi sabu dan 20 sachet kosong. Kemudian ada alat isap atau bong, pireks, korek dan handphone dan helm.

“Untuk 11 kasus lainnya adalah dari perkara penganiayaan, senjata tajam dan Pencurian,” pungkasnya.

Pemusnahan BB hasil sitaan oleh Kejaksaan Negeri Jeneponto dihadiri Kapolres Jeneponto, AKBP Ferdiansyah, Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir, Ketua Pengadilan Negeri Jeneponto, Arief Karyadi, Kepala Rutan Kelas IIB Jeneponto, Hendrik, Kasat Narkoba AKP Majid, pihak Dinkes Jeneponto dan para Kasi Kejaksaan Jeneponto.(*)

Penulis : Tahir
Editor   : Reza

Berkomentar dengan bijak!