Kalahkan Newcastle, Chelsea ke Puncak Klasemen Liga Inggris

0
Kalahkan Newcastle, Chelsea ke Puncak Klasemen Liga Inggris
Ekspresi penyerang Chelsea, Tammy Abraham usai mencetak gol ke gawang Newcastle United. | Foto: EPA-EFE/Lindsey Parnaby

SUARATURATEA.COM – Tiga poin diraih Chelsea dalam lawatannya di Saint James Park, saat mengalahkan Newcastle United dua gol tanpa balas, Sabtu (21/11) WIB. Satu gol Chelsea disumbang pemain Newcastle Federico Fernandez yang melakukan gol bunuh diri. Sementara, gol kedua Chelsea dicetak, Tammy Abraham berkat assist Timo Werner.

Dengan raihan tiga poin ini, Chelsea berhasil mengambil alih klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan mengoleksi 18 poin. Chelsea unggul selisih gol atas Leicester yang berada di peringkat kedua. The Foxes sendiri baru bermain Senin dini hari WIB menghadapi Liverpool. Sementara Newcastle tertahan di posisi 13 klasemen sementara dengan torehan 11 poin.

Pelatih Chelsea, Frank Lampard, mengandalkan trio Timo Werner, Tammy Abraham, dan Hakim Ziyech di lini depan. Sementara di lini tengah, Kai Havertz masih absen lantaran dianggap belum bugar. Mason Mount, yang tampil apik bersama timnas Inggris di laga internasional, mendapatkan kesempatan tampil dari awal laga.

Di lini belakang, Lampard akhirnya memberikan kepercayaan kepada Antonio Rudiger untuk tampil sebagai starter. Bek tengah asal Jerman itu menggantikan Thiago Silva, yang disebut masih membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisi fisiknya pasca memperkuat timnas Brasil di jeda internasional.

Di sisi lain, The Magpies tidak bisa menurunkan Callum Wilson. Penyerang yang telah mencetak enam gol dalam 10 laga terakhir Newcastle di semua ajang itu mengalami cedera hamstring. Alhasil, pelatih Steve Bruce menurunkan Joelington sebagai penyerang tunggal. Dengan menerapkan formasi 5-4-1, Bruce berharap, timnya bisa tampil solid di lini belakang sembari mengandalkan serangan balik.

Prediksi Bruce terkait penampilan The Blues pun terbukti. Chelsea langsung berupaya menguasai permainan dan melancarkan serangan. Sementara tim tuan rumah hanya mampu membalas lewat sejumlah serangan balik cepat, ataupun sedikit menurunkan tempo permainan dengan melakukan operan-operan pendek.

Bahkan, pada 10 menit awal laga, The Blues terus mengepung pertahanan The Magpies. The Blues mendapatkan peluang pertama lewat sundulan Tammy Abraham usai memanfaatkan umpan lambung Ziyech pada menit kesembilan. Namun, bola sundulan Abraham masih bisa dihalau kiper Newcastle. Satu menit berselang, The Blues akhirnya bisa mencetak gol.

Berawal dari tendangan penjuru, Mason Mount melepaskan umpan lambung tepat mulut gawang. Bola, yang sempat mengenai kaki bek tengah Newcastle United, Federico Fernandez, akhirnya berubah arah ke gawang The Magpies. Pada saat itu, Fernandez mendapatkan tekanan dari bek kiri Chelsea, Ben Chilwell.

Kendati telah mencatatkan keunggulan, Chelsea tidak mau berhenti. The Blues terus mendominasi permainan dan berupaya menambah keunggulan. Bahkan, The Blues bisa mencatatkan penguasaan bola mencapai 79 persen dan melepaskan delapan tembakan pada sepanjang babak pertama. Namun, sejumlah peluang yang didapat Timo Werner pada pertengahan babak pertama belum bisa membawa Chelsea menambah keunggulan. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama usai

Pada awal babak kedua, The Magpies bisa sedikit melepaskan diri dari tekanan tim tamu. Bahkan, Newcastle sempat memiliki peluang besar untuk bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Berawal dari kombinasi operan di depan kotak penalti Chelsea, Joelington bisa merangsek ke dalam kotak penalti. Namun, saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Chelsea, Edouard Mendy, Joelington malah melepaskan tembakan yang melambung ke atas mistar gawang The Blues.

Kondisi ini meningkatkan kepercayaan diri para penggawa The Magpies. Namun, upaya keras The Magpies untuk menyamakan kedudukan malah berujung pada terciptanya gol kedua The Blues. Chelsea berhasil menambah keunggulan setelah memanfaatkan serangan balik, tepatnya pada menit ke-65.

Werner, yang mendapatkan bola dari tengah lapangan, langsung merangsek ke pertahanan The Magpies. Setelah melewati dua pemain Newcastle, Werner langsung melepaskan umpan terobosan ke Abraham. Penyerang asal Inggris itu kemudian dengan mudah menaklukan kiper Newcastle dengan mengarahkan bola ke pojok kiri bawah gawang The Magpies.

Pada menit ke-72, Newcastle mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Sayangnya, sepakat Sean Longstaff masih membentur mistar gawang. Demi bisa menambah ketajaman di lini depan, pelatih Steve Bruce memasukan penyerang Andy Carroll pada menit ke-78. Eks striker Liverpool itu diduetkan dengan Joelington di lini depan. Namun, perubahan ini tidak berhasil membawa The Magpies melanjutkan rekor apik kala menerima lawatan Chelsea. The Magpies akhirnya menyerah 0-2 di tangan tim tamu.

Susunan Pemain:

Newcastle United (5-4-1)
Pelatih: Steve Bruce
Kiper: Darlow,
Belakang: Manquillo, Fernandez, Lascelles, Clark, Lewis
Tengah: Murphy, Hayden, S Longstaff, Saint-Maximin,
Depan: Joelinton

Chelsea (4-3-3)
Pelatih: Frank Lampard
Kiper: Mendy
Belakang: James, Zouma, Rudiger, Chilwell
Tengah: Kovacic, Kante, Mount
Depan: Ziyech, Abraham, Werner

Berkomentar dengan bijak!