KA BPBD Sulbar : Kantor Gubernur Ambruk, Pengungsi Diminta Pilih Lokasi yang Aman

0
KA BPBD Sulbar : Kantor Gubernur Ambruk, Pengungsi Diminta Pilih Lokasi yang Aman
Kantor Gubernu Sulbar pasca diguncang Gempa

SUARATURATEA.COM, MAJENE – Kepala pelaksana BPBD Sulawesi Barat (Sulbar), Darno Majid mengatakan, pada Jumat, 15 Januari 2021 malam kemarin diguncang gempa yang sangat luar biasa.

“Tadi malam terjadi gempa yang sangat luar biasa yang berdampak pada 2 kabupaten yang terdekat yaitu Majene dan Mamuju, Alhamdulillah kalau Polman tidak masalah, dan Mamuju utara” katanya.

Di Mamuju sendiri, kata dia, telah dilaporkan bahwa sudah 18 orang yang meninggal dunia akibat runtuhan daripada gempa itu. Kedua adalah Majene, di sana setidaknya tercatat 9 orang meninggal akibat runtuhan.

BACA JUGA : Ini Dua Titik Lokasi Pengungsian Gempa Mamuju Sulbar

“Kemudian kantor Gubernur sendiri mengalami kerusakan yang sangat parah diantaranya setengah daripada kantor itu sudah ambruk kemudian dibelakangnya retak dan mungkin saja kondisinya sudah tidak bisa lagi ditempati,” sambungnya.

Apalagi, imbuh Majid, kita mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gempa susulan kemudian kalau di Mamuju sendiri rata-rata 10 rumah, betul-betul rata dengan tanah yang lainnya rusak tapi sulit untuk di tempati.

“2 rumah, rusak ringan 100. kemudian pengungsi ini tersebar di daerah dimana-mana di pegunungan, ada pengungsi di depan Rujab, kemudian ada pengungsi di Bukit Taya dan Sese,” tambahnya.

BACA JUGA : Akibat Curah Hujan yang Tinggi, Kota Manado Direndam Banjir

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau atas nama pemerintah, kepada masyarakat agar siap siaga menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gempa susulan.

“Saya sendiri rumah saya ambruk sebagian dan sampai saat ini sejak saya tinggalkan tadi malam belum pernah saya menengok, dan mobil saya hancur akibat ditindis dan saya tidak perhatikan demi untuk mengurus orang lain,” tuturnya.

Tapi insyallah kami dari tadi ini mengadakan pertemuan dengan forkompimda, Kapolda, Dandim Gubernur, sekda untuk membahas langkah-langkah yang kita lakukan dan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya tsunami,” ujar Kepala pelaksana BPBD SulBar ini.

BACA JUGA : Data Sementara, Korban Tewas Gempa Bumi Mamuju Sulbar 4 Orang, 637 Luka-luka

Pihaknya khawatir jika gempa-gempa ini berdampak pada tsunami.

“Yah mungkin, jangan sampai terjadi tsunami yah, kita berdoalah jangan sampai seperti di daerah Palu. Oleh sebab itu kami atas nama pemerintah provinsi Sulbar, atas arahan dari bapak Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda menghimbau kepada masyarakat kalau mengungsi tolong mengungsi ke tempat-tempat yang aman, jangan sampai kita mengungsi ke gunung lantas gunung itu longsor,” harapnya.

Untuk titik pengungsian di Mamuju ditempatkan di stadion dan dipastikan aman dan tidak akan terjadi potensi-potensi lain yang dapat menggangu, daripada kenyamanan pengungsi itu sendiri.

BACA JUGA : Akibat Curah Hujan yang Tinggi, Kota Manado Direndam Banjir

“Dan kita liat dikantor Gubernur juga dan termasuk dikantor saya banyak pengungsi. Kalau di Majene ditempatkan juga didaerah stadion tapi mereka harus di awasi dalam mengantisipasi kondisi kejadian yang akan terjadi,” terangnya.


Penulis  : Ibnu Gaffar
Editor    : Reza Demil

Berkomentar dengan bijak!