Temukan Kami di Sini:

Jelang Hari Raya Idul Adha, Mentan; Persiapan Hewan Kurban di Indonesia Termasuk Sulsel Dipastikan Aman

0
Jelang Hari Raya Idul Adha, Mentan; Persiapan Hewan Kurban di Indonesia Termasuk Sulsel Dipastikan Aman
Mentan, Syahrul Yasin Limpo | [IBNU GAFFAR/SUARATURAETA.COM]

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo meninjau ketersediaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah bersama dengan Wali Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel), Ramdhan Pomanto.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, bahwa dirinya bersama Wali Kota dan Dirjen mengecek ketersedian hewan kurban di seluruh Indonesi, termasuk di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Ada 10 titik menjadi sampel kita, 10 titik itu termasuk di Makassar sini, dan saya dengan Pak Wali Kota telah melihat seperti apa persiapan kita menghadapi kurban Idul Adha dalam kondisi covid-19 ini,” kata Mentan yang kerap disapa oleh masyarakat SYL. Minggu (18/7/2021).

BACA JUGA: Ditetapkan Tersangka, Mardani Dijemput Polisi Gowa dan Dicecar 22 Poin Pertanyaan

Dirinya melakukan peninjauan ini atas perintah dan petunjuk dari Presiden Jokowi untuk mengecek ketersediaan hewan kurban di Seluruh Indonesia ditengah pandemi ini.

“Seperti arahan dari bapak Presiden, semua Menteri harus turun mempersiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan rakyat, terutama dalam menghadapi momen khusus Idul kurban ini,” terangnya.

Kata dia, persiapan sapi yang disediakan menghadapi Kurban Idul Adha di Indonesia ini disediakan 1.736 ribu lebih.

BACA JUGA: Fakta Mengejutkan Soal Kehamilan Wanita yang Ditampar Satpol PP di Gowa

“Jadi itu kesiapan kita, artinya ketersediaan hewan kita untuk kurban diatas 1,7 ribu. Sementara kebiasaan penggunaan diatas 1,5 ribu hewan kurban. Sekarang saya ada di Makassar ternyata Sulsel ketersediaan (hewan kurban) juga cukup,” terang Syahrul.

Kondisi di tengah pandemi covid-19 dijelaskan Syahrul, bahwa setiap wilayah di Indonesia ditemukan bervariasi, seperti di Pulau Jawa. Masyarakat di sana mengalami angka penurunan permintaan hewan kurban.

| VIDEO NEWS: 

“Di Jawa itu ada penurunan permintaan sekitar 10 persen, di luar Jawa ada penurunan permintaan sekitar 5 persen. Tetapi ketersediaan cukup kebutuhan bisa terpenuhi, ada dinamika harga. Kalau di Makassar justru positif, kalau di Jawa sedikit turun,” jelasnya.

BACA JUGA: Waduh! Pasangan Muda-mudi di Taman Turatea Kepergok Petugas PPKM

Kendati demikian, Jokowi meminta agar ketersediaan hewan kurban ini dapat dipastikan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Perintah dari Presiden jangan sampai ketersediaan itu tidak ada. Dan itu kita jamin, saya juga cek bagaimana transportasi dan para pedagang melihat persoalan ini, mereka tetap optimis bahwa ini akan lebih baik, memang yang kita cek ini kan rata-rata lima atau tujuh hari sebelum Min-H. Dinamikanya tetap jalan tapi Insya Allah, rench-nya menghadapi Idul Adha ini berjalan dengan baik,” bebernya. (**)

Berkomentar dengan bijak!