Jangan Panik, Lakukan Langkah-langkah Ini Hadapi Musibah Gempa

0
Jangan Panik, Lakukan Langkah-langkah Ini Hadapi Musibah Gempa
Pexels.com | Wilson Malone

SUARATURATEA.COM Saat ini Indonesia kembali dilanda duka. Gempa bumi berkekuatan 6.2 magnitudo telah melanda Majene, Sulawesi Barat pada hari Jum’at, 15 Januari 2021, pukul 01.28 dini hari tadi. Berikut ini langkah-langkah menghadapi bencana alam gempa.

Gempa yang berpusat 6 Kilometer Timur Laut Majene itu telah menyebabkan kerusakan cukup parah.

Hati-hati! Tetaplah aman. Usahakan untuk segera menyelamatkan diri dan jangan panik. Lakukan langkah-langkah berikut ketika terjadi gempa.

1. Jangan Panik!
Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika menghadapi musibah bencana alam apa pun, termasuk gempa bumi adalah jangan panik. Usahakan untuk tetap tenang dan segera keluar ruangan. Kepanikan justru hanya akan memperparah situasi. Jika ada teman, kerabat, atau siapa pun orang didekatmu yang terlihat panik, usahakan untuk menenangkannya juga.

BACA JUGA : Respon Cepat, TNI AU Terbangkan Alutsista Bantu Korban Gempa Sulbar

2. Keluar Ruangan
Jika ketika dalam keadaan gempa kamu berada di dalam ruangan, usahakan untuk segera keluar. Jika kamu berada di dalam ruangan di dalam gedung tinggi, hindari lift, dan gunakan tangga darurat. Jika kamu sedang berada di dalam kendaraan seperti di dalam mobil, alangkah baiknya untuk segera turun dari mobil. Segera cari tempat berlindung yang aman.

3. Berlindung di tempat yang Aman
Jika keadaan tidak memungkinkan untuk keluar ruangan, berlindunglah di tempat yang aman dan jauh dari benda-benda yang memungkinkan jatuh seperti lemari, AC, atau benda berat lainnya. Jika terlanjur berada di dalam ruangan dan tidak memungkinkan untuk keluar ruangan cobalah berlindung di bawah meja. Jika berhasil ke luar ruangan, hindari tempat yang dekat dengan pepohonan, tiang listrik, dan sebagainya karena bukan tidak mungkin benda-benda tersebut ikut roboh ketika gempa.

BACA JUGA : Data Sementara, Korban Tewas Gempa Bumi Mamuju Sulbar 4 Orang, 637 Luka-luka

4. Pergilah ke Tempat yang lebih Tinggi
Jika kamu berada di daerah dataran rendah atau dekat dengan pantai saat gempa terjadi, usahakan untuk segera berpindah ke tempat yang lebih tinggi karena seringkali, gempa berkenaan juga dengan tsunami. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, segeralah pindah ke tempat yang lebih aman dan jauh dari pinggir pantai. Jauhi pula daerah pinggir jurang karena sangat rawan terjadi longsor.

5. Mematikan Aliran Listrik dan Gas
Jika kamu sudah berada di tempat yang aman, mintalah orang-orang yang berwenang untuk mematikan pula aliran listrik dan aliran gas alam untuk menghindari kebocoran apabila hal itu terjadi. Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi ketika gempa. Jika kamu sempat, sebelum ke luar ruangan, pastikan kompor sudah dimatikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA : Bupati Ajak Masyarakat Jeneponto Doakan Korban Gempa Bumi Mamuju

Sebenarnya, masih banyak tips yang dapat dilakukan ketika gempa bumi terjadi. Satu hal yang paling penting, pastikan kamu tidak PANIK. Jagalah keselamatanmu dan orang-orang terdekatmu.

Berkomentar dengan bijak!