Temukan Kami di Sini:

Inilah Tata Cara Mandi Sesaat Sebelum Salat Jumat

0
Inilah Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Salat Jumat

SUARATURATEA.COM – Salah satu anjuran sebelum menghadiri Salat Jumat adalah mandi, juga dianjuran ini terdapat dalam beberapa riyawat dalam hadis Nabi shallallahu ’alaihi wasalam.

Bahkan barangsiapa yang melakukannya, maka dosanya akan ampunan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari hari Jumat tersebut sampai hari Jumat selanjutnya.

Anjuran ini disyari’atkan bagi orang yang menghadiri shalat Jumat dan bukan karena hari tersebut adalah hari Jum’at.

BACA JUGA: Jangan Bandel, Satu Nakes di Jeneponto Gugur Berjuang Tangani Covid-19

Sehingga wanita atau anak-anak yang tidak punya kewajiban untuk shalat Jumat, tidak terkena perintah ini. Namun jika mereka menghadiri Jumat, tetap diperintahkan untuk mandi.

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, beliau bersabda, “Barangsiapa yang mandi kemudian mendatangi Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan diam (mendengarkan khutbah) hingga selesai, kemudian ia lanjutkan dengan shalat bersama Imam, maka akan diampuni (dosa-dosa yang dilakukannya) antara hari itu dan hari jum’at yang lain. Dan bahkan hingga lebih tiga hari.” (HR. Muslim no. 857).

Dari Salman Al Farisi, ia berkata bahwa Rasul Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa mandi pada hari jumat sebagaimana mandi janabah, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan (waktu) kedua maka dia seolah berkurban dengan seekor sapi.

BACA JUGA: Mimpi Rahmat Erwin dari Sulsel Raih Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo…

Selanjutnya…
Barangsiapa yang…

Berkomentar dengan bijak!