Temukan Kami di Sini:

Inilah 5 Golongan Orang yang Merugi Saat Bulan Ramadan

0
Inilah 5 Golongan Orang yang Merugi Saat Bulan Ramadan
Inilah 5 Golongan Orang yang Merugi Saat Bulan Ramadan

SUARATURATEA.COM – Bulan Ramadan menjadi bulan penuh berkah, banyak umat muslim dan golongan di seluruh dunia berlomba-lomba untuk beribadah guna meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Pada bulan Ramadhan, Allah SWT juga memberikan nikmat yang tiada tara kepada manusia. Pahala dilipat gandakan, dan ibadah yang bernilai positif akan diberi ganjaran setimpal.

Meski bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh berkah dan ampunan, namun terdapat golongan orang merugi selama bulan Ramadhan berlangsung.

Bahkan golongan ini juga disebut sebagai manusia celaka.

رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ

Artinya: Celakalah seorang yang berjumpa dengan bulan Ramadan, kemudian Ramadan itu berakhir dalam keadaan Allah SWT belum mengampuni dosa-dosanya (HR.Tirmidzi).

Berikut ini adalah golongan yang termasuk dalam manusia yang merugi pada bulan Ramadhan:

1. Sebatas menahan lapar dan haus

Puasa memang pada dasarnya adalah proses menahan lapar dan dahaga. Tapi disisi lain tetap menggunjing dan memfitnah orang lain.

Hal ini dilakukan sebelum puasa, namun ketika Ramadhan tiba, membicarakan aib orang lain tetap dilakukan hingga puasa usai.

Bisa dikatakan bahwa puasa tidak membawa dampak baik dan keberuntungan, selama bulan Ramadhan.

Justru kembali menambah lahan dosa, dengan terus bergosip tentang orang lain.

2. Menganggap biasa Bulan Ramadan

Golongan satu ini, menganggap bulan suci Ramadan sebagai hal yang biasa terjadi. Tak ada keistimewaan yang ia peroleh sama sekali.

3. Berubah alim ketika Ramadan datang

Prilaku ini merupakan hal yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Bagi golongan ini, puasa Ramadan, adalah hal yang paling tepat, untuk berpura-pura.

Imam Ahmad sempat mengatakan bahwa “Seburuk-buruk kaum, adalah mereka yang tidak mengenal Allah SWT pada bulan Ramadan,”

4. Melakukan maksiat selama Bulan Suci Ramadan

Golongan ini tidak peduli dengan bulan suci Ramadan. Mereka tetap melakukan perbuatan maksiat, meski mereka memahami itu adalah salah.

Banyak ibadah yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan, hal ini lebih baik ketimbang melakukan maksiat. Seperti dzikir, berdoa, baca Al-Qur’an dan masih banyak lagi.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa karena iman, dan mengharap ganjaran dari Allah SWT, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari No. 38, 1910, 1802).

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR.Bukhari).

5. Membuang waktu selama Bulan Ramadan

Sebagai bulan yang penuh dengan keistimewaan, maka harus dimanfaatkan dengan sangat baik.

Namun golongan terakhir ini, menghabiskan waktu untuk tidur di siang hari hingga buka puasa. Akan tetapi pada malam hari melakukan hal yang sia-sia.

Itulah lima jenis golongan yang akan merugi saat bulan suci Ramadan, meninggalkan mereka.

Oleh karena itu, kita disarankan memperbanyak ibadah di bulan Ramadan.

Berkomentar dengan bijak!