Ini Rekomendasi Tempat Wisata yang Menawan di Sulawesi Selatan Nikmati Tahun Baru

0
Ini Rekomendasi Tempat Wisata yang Menawan di Sulawesi Selatan Nikmati Tahun Baru
Wisata PPLH Puntondo, Takalar

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Jelang akhir tahun 2020 kali ini, masyarakat tentunya ingin merayakan hari tahun barunya di tempat-tempat yang menawan dan eksotis. Apalagi wisata yang berada di wilayah Sulawesi Selatan sendiri.

Apa saja tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Sulawesi Selatan?

Berikut kami rangkum tempat wisata dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan :

1. MALINO

Nah kita berangkat dari dataran tinggi di wilayah Kabupaten Gowa. Siapa yang tak kenal namanya Malino.

Malino merupakan salah satu objek wisata dengan khas ‘Kota Bunga’

Tempat wisata ini tak jarang wisatawan memilih menginap dengan menikmati kesejukannya.

Apalagi wilayah ini merupakan salah satu tempat bercocok tanam, hingga memiliki kebun strawberry.

Objek wisata disini memang banyak, seperti Malino Higland, Lembah Ramma, Gunung Bawakaraeng, Air Terjun Ketemu Jodoh, Hutan Pinus dan masih banyak lagi.

2. PUNTONDO TAKALAR

Wisata Puntondo Takalar ini adalah salah satu tempat yang patut anda kunjungi.

Pantai Puntondo merupakan salah satu pantai pasir putih yang masih alami dan bersih di Pulau Sulawesi. Kebersihan dan alaminya pantai ini didukung juga dengan kondisi hewan dan tumbuhan yang beranekaragam.Pantai Puntondo terletak di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangngara’ Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Berjarak hanya sekitar 60 kilometer sebelah selatan Kota Makassar.

Pantai Puntondo merupakan sebuah Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), yang dikelola dibawah naungan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo, yang bergerak dan fokus pada pendidikan lingkungan hidup.

PPLH Puntondo lahir dengan latar belakang rasa kepedulian, pada kerusakan lingkungan pesisir dan perairan pantai. Oleh sebab itu di lokasi tersebut Anda tidak diperkenankan untuk merusak, menangkap, apalagi membunuh ekosistem laut di sekitar pantai.

3. HUTAN PINUS PACCUMIKANG JENEPONTO

Menatap Harapan Baru Hutan Pinus Paccumikang Jeneponto Seluas 65 HektarSuasana di lokasi wisata Hutan Pinus Paccumikang, Desa Jenetallasa, Kecamatan Rumbia, Jeneponto. Foto : Arya Pratama

Kali ini kita berangkat ke Butta Turatea atau biasa dikenal dengan nama Kabupaten Jeneponto.

Kabupaten Jeneponto selain dikenal dengan Kincir angin, ada salah satu objek wisata yang masih terbilang baru. Itu adalah Hutan Pinus Paccumikang.

Hutan Pinus Paccumikang ini terletak di wilayah dataran tinggi yang bertetangga dengan Kabupaten Bantaeng.

Disana anda bisa membawa keluarga, teman, kerabat kerja hingga pasangan di Hutan Pinus Paccumikang.

Namun, di lokasi Wisata Hutan Pinus Paccumikang itu hanya di fasilitasi dengan Musala, WC Umum. Anda hanya bisa mendirikan tenda untuk bercamp denga keluarga.

Tempat ini adalah salah satu saingan Hutan Pinus Malino dan Hutan Pinus Rombeng.

4. EREMERASA BANTAENG

Permandian Eremerasa atau lebih populer dengan nama Ermes merupakan salah satu destinasi wisata alam Bantaeng yang sangat populer.

Permandian ini terletak di kecamatan Ere merasa dan berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Bantaeng dengan waktu tempu kurang lebih 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan keindahan hamparan sawah dan hijaunya alam Bantaeng.

Permandian ini termasuk permandian alami karena sumber air yang digunakan berasal dari mata air sekitar permandian.

Air tersebut kemudian ditampung dalam kolam buatan dan dijadikan kolam renang.

Sumber air yang berasal dari alam menjadikan air pada permandian ini menjadi sangat dingin.

Dinginnya air di kolam permandian ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang menyambangi lokasi wisata yang satu ini.

Tidak sah rasanya jika berkunjung ke eremerasa tanpa merasakan dinginnya air kolam.

Selain itu, sensasi alami permandian ini akan semakin terasa dengan pemandangan air mengalir ke kolam melalui cela-cela akar-akar pohon tua disekitar kolam yang berbentuk air mancur mini serta sungai-sungai mini.

5. KARST MAROS-PANGKEP

Gugusan karst yang berada di Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan ini menjadi kawasan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah China. Tepatnya berada di utara Makassar, sekitar 100 kilometer dari kota Makassar.

Karst Maros dan Pangkep sendiri memiliki total luas sebesar 43.750 hektar. Tetapi, sekitar 23.750 hektar masuk ke dalam Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, sedangkan sisanya sekitar 20 ribu hektar merupakan area pertambangan.

Jika kawasan karst di tempat lain biasanya berbentuk Concicall Hill Karst atau bukitnya berbentuk kerucut, untuk Karst Maros Pangkep bentuknya justru seperti menara yang berdiri sendiri atau berkelompok.

Tak sampai di situ, kawasan Karst Maros Pangkep juga memiliki 268 gua yang terdiri dari stalagmit dan stalaktit indah. Dan 89 di antaranya merupakan gua prasejarah yang memiliki lukisan batu.

Karst Maros Pangkep juga menjadi tempat tumbuhnya fauna langka dan endemik, seperti monyet hitam serta 125 jenis kupu-kupu.

(*) Nah bagaimana sobat Suaratravel, Anda sudah memiliki rencana tempat wisata jelah Tahun Baru?

Berkomentar dengan bijak!