Ini Deretan Kue Jajanan Kampung yang Buat Kamu Rindu

0
Ini Deretan Kue Jajanan Kampung yang Buat Kamu Rindu

SUARATURATEA.COM Kue Jajanan Kampung yang Bikin Inget Nostalgia Masa Kecil
Makanan Indonesia itu kaya dan beragam, rasanya juga ngga bisa bikin bosan buat dinikmati. Seperti di waktu kalian masih kecil, bisa jadi masih teringat di pagi hari bunda senantiasa pergi ke pasar buat berbelanja kue serta sepulangnya membelikan kita Jajanan Kampung yang sangat tradisional tetapi rasanya boleh diadu dengan santapan modern yang kerap kita makan sekarang.

Tidak jarang pula Jajanan Kampung membuat kita rindu kepada momen-momen masa kecil bersama keluarga, sehingga kita senantiasa bernostalgia, keinget cerita momen keluarga kita. Berikut ini ada aneka Jajanan Kampung yang bisa membuat kamu turut bernostalgia ke momen – momen dikala kecil dahulu.

1. Kue Lupis – Jajanan Kampung

Lupis, Jajanan Kampung yang dibuat dari beras ketan, serta terbungkus dengan daun pisang ini jadi santapan berikutnya yang bisa membuat kamu bernostalgia. Sama semacam Jajanan Kampung yang lain, lupis pula ditaburi dengan parutan kelapa, khas santapan ataupun jajanan tradisional Indonesia. Tetapi bila klepon mempunyai isian gula merah cair, berbeda dengan lupis.

Dimana gula merah cair digunakan bagaikan toping dihidangkan dengan parutan kelapa tadi. Bentuk dari kue lupis ini mudah dikenali oleh orang- orang yang biasa menyantap Jajanan Kampung ini, ialah wujud segitiga ataupun bundar memanjang mirip lontong. Lezat buat dinikmati sore hari serta pagi hari bersama dengan teh ataupun kopi kesukaanmu. Jadi pingin yaa…

2. Kue Klepon – Jajanan Kampung

Jajanan Kampung yang pernah viral serta menghebohkan jagat sosmed ini jadi tidak asing lagi, apalagi naik pamor dan membuat orang mencari klepon. Bentuknya yang seperti bola- bola kecil bercorak hijau yang ditaburi serutan kelapa, rasanya manis dengan isian gula merah cair. Pas kalian memakannya sensasi pecahnya gula cair di dalam mulut bisa bikin kalian turut terbawa nostalgia ke masa dulu, dimana Jajanan Kampung ini umumnya menemani pagi ataupun soremu bersama keluarga sembari bercengkrama serta minum teh hangat. Wahhhhh tentu buat kalian kangen deh!!

3. Kue Cenil – Jajanan Kampung

Mungkin bisa jadi anak jaman now ataupun millenials belum pernah merasakan Jajanan Kampung ini. Cenil, bisa jadi Jajanan Kampung yang membuat kalian nostalgia hari ini, dengan bahannya pati ketela tumbuhan ataupun tepung kanji. Jajanan Kampung ini berbentuk bundar ataupun terdapat pula yang berupa kotak kecil dengan tesktur serta rasa yang khas.

Aneka variasi warna cenil dan parutan kelapa yang ditaburkan di atasnya bisa membuat kue ini makin menarik loh. Belum lagi taburan gula pasir membuat rasa manis cenil ini bertahan lama yang membuat kalian mau nambah terus.

4. Kue Serabi – Jajanan Kampung

Bahan utama kue ini yaitu tepung berat serta santan kelapa, membuatnya terasa gurih kala dimakan, terlebih diwaktu serabi masih hangat.Tiap wilayah bisa jadi mempunyai jenis serabinya sendiri, seperti di daerah Jawa Barat yang populer dengan serabi oncom serta kinca ataupun gula merah cair. Serabi ini telah jadi Jajanan Kampung yang sudah lama ada dan jadi favorit masyarakat sampai dikala ini.

Sangat sesuai dengan daerah Jawa Barat yang dikelilingi pegunungan serta hawa dingin, kue ini bisa menghangatkan tubuh. Dengan perkembangan jaman, saat ini Jajanan Kampung serabi pula dibuat agak berbeda dengan sedikit modern dari topingnya, ada yang ditaburi coklat, mayones dan keju.

5. Kue Tiwul – Jajanan Kampung

Jajanan Kampung sekalian santapan tradisonal yang biasanya berfungsi untuk pengganti makanan utama, ialah nasi beras. Tiwul akan membuat kamu nostalgia serta kangen hendak kampung halaman. Mengapa tiwul dapat jadi pengganti nasi? Sebab Jajanan Kampung ini dibuat dari gaplek, ialah singkong yang telah dikupas kemudian dikeringkan serta ditumbuk.

Dengan rupanya yang kecoklatan, tiwul bisa membuat kalian kenyang seperti telah makan berat. Rasanya gurih sebab ditaburi parutan kelapa khas santapan tradisional Indonesia serta pula sedikit garam. Hendak jadi kemilan manis kala kalian meningkatkan gula di atasnya.

6. Kue Gatot – Jajanan Kampung

Mendengar kata gatot tentu langsung mengingatkanmu pada tokoh wayang bernama Gatot Kaca, tetapi bukan ia yang kita bicarakan, melainkan Jajanan Kampung gatot, yang dibuat dari bahan dasar ketela ataupun ubi kayu. Mempunyai tekstur kenyal nan lembut, dan corak santapan yang kehitaman ataupun kecoklatan, membuat Jajanan Kampung ini pun lezat dimakan yang akan membuat kalian kembali ke jaman dulu.

Dikala memakan kue ini, kalian juga hendak merasa kenyal sebab memanglah bahan dasarnya yang lumayan berat. Proses pembuatan kue ini yang lumayan lama, dengan rasa nikmat yang gurih serta manis, pastinya akan membuat kalian merasakan aroma- aroma tradisional dari Jajanan Kampung yang satu ini.

7. Kue Lapis – Jajanan Kampung

Kenyal dan mempunyai 2 corak yang berbeda ditumpuk satu per satu serta diberi nama kue lapis. Jajanan Kampung yang satu ini pasti sudah sering terdengar di masyarakat umum, serta kerap disajikan bagaikan cemilan dikala adanya kegiatan keluarga serta syukuran paling utama di kampung- kampung.

Kue lapis sendiri dibuat dari tepung kanji, tepung beras, santan, gula pasir, garam, perona santapan natural maupun buatan. Yang leih menariknya Jajanan Kampung ini disukai seluruh golongan, mulai dari kanak- kanak sampai lanjut usia sebab rasanya yang lunak serta kenyal.

Berkomentar dengan bijak!