Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

0
Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada
Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

SUARATURATEA.COM – Sebuah studi baru menemukan, bahwa hiu yang disebut Megalodon benar-benar ada. Hewan berukuran besar itu mengintai lautan dunia antara sekitar 20 dan 3,5 juta tahun yang lalu.

Studi mengatakan, bahwa hiu tersebut panjangnya sekitar 15 meter, lebih dari tiga kali lebih panjang rata-rata hiu putih besar, dan mungkin salah satu predator terbesar dan terkuat yang pernah hidup.

Raksasa kuno itu termasuk dalam kelompok hiu yang beragam yang disebut lamniform, yang juga termasuk hiu putih besar. Menghitung ukuran lamniform yang punah sering kali terhambat akibat kurangnya fosil, dan sebagian besar diperkirakan dari ukuran giginya.

Diketahui, fosil gigi adalah yang paling umum dihitung karena hiu terus-menerus melepaskan giginya, mencapai 40 ribu gigi seumur hidup mereka. Faktanya, nama Megalodon berasal dari bahasa Yunani Kuno yang berarti gigi besar’.

Dalam studi ini, para peneliti yang dipimpin oleh Dr Kenshu Shimada, ahli paleobiologi di DePaul University di Chicago, menggunakan pengukuran lamniform modern untuk membuat persamaan matematika yang menghubungkan panjang tubuh hiu dengan ukuran gigi. Ini kemudian memungkinkan mereka memperkirakan ukuran lamniform yang punah seperti Megalodon.

Mereka menemukan, bahwa hampir semua kerabat Megalodon memiliki batas ukuran sekitar 7 meter. Hanya beberapa hiu pemakan plankton, seperti hiu paus dan hiu basking, yang mendekati ukuran Megalodon.

“Ini adalah bukti kuat untuk ukuran Megalodon yang benar-benar luar biasa,” kata rekan penulis Dr Michael Griffiths dari William Paterson University di Wayne, New Jersey.

Memperkirakan ukuran tubuh hewan yang punah seperti Megalodon, dapat membantu ahli biologi untuk memahami bagaimana mereka memengaruhi kehidupan dan evolusi hewan lain di sekitar mereka.

Berkomentar dengan bijak!