Temukan Kami di Sini:

Hingga 31 Juli 2021, Ini Cara Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah Honorer Rp1,8 Juta di bsudikti.kemdikbud.go.id

0
Hingga 31 Juli 2021, Ini Cara Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah Honorer Rp1,8 Juta di bsudikti.kemdikbud.go.id
[FOTO: FREEPIK.COM]

SUARATURATEA.COM – Bantuan Subsidi Upah (BSU) adalah bantuan dari pemerintah berupa uang sejumlah Rp1,8 Juta, bagaimana cara mendapatkan BSU honorer? Simak Disini!.

BSU ini hanya diberikan kepada guru honorer, baik itu pendidik maupun tenaga kependidikan (PTK). Pemberian BSU ini juga diberikan hanya satu kali dalam satu tahun.

Namun baru-baru ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah kembali melakukan perpanjangan masa aktivasi rekening BSU bagi Guru Honorer atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) hingga 31 Juli 2021.

BACA JUGA: Mengonsumsi Air Kelapa Cara Jitu Kuatkan Imunitas dari Covid-19, Benarkah?

Bantuan ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan dalam penanganan Covid-19.

Terkait perpanjangan masa aktivasi rekening hingga 31 Juli 2021 ini telah disampaikan dengan resmi oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapuslapdik), Abdul Kadir.

Abdul Kadir menjelaskan bahwa penerima BSU PTK bukan PNS Tahun 2020 yang sampai saat ini belum melakukan aktivasi atau mencairkan dananya maka masih dapat melakukan aktivasi rekening di bank hingga 31 Juli 2021.

BACA JUGA: BAZNAS Bone Ulurkan Tangan Untuk Korban Banjir di Jeneponto

“Jadi, penerima BSU 2020 yang sampai saat ini belum mengaktivasi atau mencairkan dananya, masih dapat melakukan aktivasi rekeningnya paling lambat 31 Juli 2021,” terang Abdul Kadir dalam siaran pers kemdikbud.go.id, Kamis 8 Juli 2021.

Abdul Kadir juga meminta para pendidik dan tenaga kependidikan yang berhak menerima BSU untuk dapat membuka aplikasi di info.gtk.kemdikbud.go.id/ dan bsudikti.kemdikbud.go.id.

Setelah itu, penerima dapat menguduh dan mencetak SPTJM lalu bisa datang ke bank agar dapat mengaktifkan rekening buku tabungan guna dapat dicairkan dana BSU tersebut.

BACA JUGA: 5 Ciri-ciri Pria yang Memiliki Good Attitude, Kamu Termasuk?

Sementara langkah-langkah untuk mengetahui guru tersebut sebagai penerima BSU adalah sebagai berikut:

  • Buka laman info GTK Kemdikbud resmi di alamat https://info.gtk.kemdikbud.go.id.
  • Pilih loging langsung ke GTK.
  • Masukkan akun dan password PTK yang sesuai dengan Dapodik.

Setelah berhasil loging, layar akan menunjukkan informasi terkait BSU Kemdikbud, seperti nama bank penyalur. Itu artinya bahwa pengguna berhasil lolos persyaratan untuk mendapatkan BSU.

Pihaknya juga mengimbau, agar seluruh peserta penerima BSU untuk segera melakukan aktivasi rekening ke bank penyalur sampai dengan batas akhir tanggal 31 Juli 2021

“Masih ada waktu nih Bapak, Ibu penerima BSU, ayo segera cek aplikasi di info GTK dan PDDikti, datang ke bank, dan aktifkan rekening buku tabungan BSU sebelum tanggal 31 Juli 2021,” ajak Abdul Kahar. (**)

Berkomentar dengan bijak!