H. AA. Kadir Tompo, Mantan Kajari Jeneponto, Mangkat

0
Almarhum H. AA. Kadir Tompo

Ibrahim/Jurnalis

TURATEANEWS.com,JENEPONTO–H. AA. Kadir Tompo, mantan Kajari Jeneponto periode 1968 sampai 1972 , telah meninggal dunia pada pukul 05.00 wita dikediaman Kelurahan Tamanroya Kecamatan Tamalatea Jeneponto, Senin (25/4/2016).

Almarhum H.A.A.Kadir Tompo sebelumnya adalah Kajari Bulukumba pada tahun 1960, dan terakhir menjabat kepala bagian umum Kejaksaan Tinggi Ujungpandang saat ini Makassar pada tahun 1972 sampai almarhum pensiun.

Baca  : 389 Warga Jeneponto Ikut UN Paket C

Riwayat pendidikan beliau pernah mengeyam beberapa jenjang pendidikan di zaman penjajahan Belanda atau disebut sekolah Belanda. Dan ketika beliau masih sehat masih pasih berbahasa Belanda. Selain itu Almarhum merupakan salah satu penggerak dalam memajukan organisasi Islam Muhammadiyah Kabupaten Jeneponto.

Baca  : Pria 54 Tahun Ikuti UN, Ini Alsannya

Menurut keterangan pihak keluarga, almarhum juga adalah salah satu pejuang 1945 dalam mempertahankan kemerdekaaan RI di wilayah Kabupaten Jeneponto. Almarhum H.A.A. Kadir Tompo tergabung dalam Laskar Tonrokassi yang bermarkas di Se’rukan kabupaten Jeneponto.

Laskar Tonrokassi adalah bagian dari LAPTUR (Laskar Pemberontak Turatea) dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam susunan organisasi Pemuda Laskar Torrokassi almarhum sebagai Wakil Komandan, dan sebagai komandan Laskar ketika itu Manro’nyo Daeng Romo.

Baca : Acara Lepas Sambut, Ini Pesan Kapolres Jeneponto

Almarhum meninggalkan tujuh anak dan puluhan cucu serta cicit. Sementara ini jenazah disemayankan di kediamannya kelurahan Tamanroya dan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga  :

Nunggu “PERDA” Desa Kapita Minta Pemekaran

Tes Urine, Deteksi Pengguna Narkoba di Polres jeneponto

 

Sekda Jeneponto Harap, Peserta Diklat Prajabatan Jauhi Korupsi

 

Berkomentar dengan bijak!