Eks Anggota Polri dan Napi, Sindikat Narkoba Jaringan Belanda-Makassar Terungkap

0
Eks Anggota Polri dan Napi, Sindikat Narkoba Jaringan Belanda-Makassar Terungkap
Jumpa pers pengungkapan kasus ekstasi Narkoba (Dok Istimewa)

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Dittipidnarkoba Bareskrim Polri menangkap 4 sindikat jaringan narkoba di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (10/8).

Narkoba dengan jenis ekstasi tersebut dikirim dari Belanda lewat jasa pengiriman.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, salah satu tersangka yang ditangkap merupakan mantan anggota polisi.

Ia ditangkap bersama 3 orang lainnya yang merupakan napi.

“Penangkapan terhadap baberapa pelaku tersangka 4 orang. Pertama HR alias H mantan, bekas polisi. Bukan purnawirawan,” kata Ahmad di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (27/8).

Ahmad menuturkan, kasus tersebut terungkap saat kepolisian mendapat informasi paket barang dikirim dari Belanda atas nama John Christoper pada 31 Juli. Setelah diperiksa menggunakan sinar X-Ray, ternyata di dinding koper terdapat ekstasi.

Polisi lalu melacak calon penerima barang tersebut. Hasilnya mengarah ke salah satu rumah keluarga napi di Kabupaten Sungguminasa bernama Hasrul. Dari hasil keterangan napi tersebut, ternyata tedapat jaringan lintas napi yang bekerjasama mengirim barang dari luar negeri.

“Ditangkap 3 napi bernama Sunardi (napi di Makassar), Hengki (napi di Sungguminasa), dan Hasrul (Sungguminasa). Napi Hasrul menipu kakaknya dengan meminta mentransfer uang ke rekannya di luar negeri,” ujar Ahmad dilansir kumparan.com.

Dari dalam paket tersebut, polisi mengamankan 4.945 butir ekstasi yang dikirim dari Belanda. Keempat tersangka dijerat Pasal 113 Ayat 2 dan Pasal 114 Ayat 2 jo Pasal 132 Ayat 1 Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2005 tentang tindak pidana narkotika.

“Ancaman hukuman mati,” tandasnya.

Editor : Reza

Berkomentar dengan bijak!