Temukan Kami di Sini:

Dosis Vaksin di Gowa Menipis, Kata Jubir; Permintaan Masyarakat Meningkat

0
Dosis Vaksin di Gowa Menipis, Kata Jubir; Permintaan Masyarakat Meningkat
Dosis Vaksin di Gowa Menipis, Kata Jubir; Permintaan Masyarakat Meningkat

SUARATURATEA.COM, GOWA – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan masih menunggu jatah vaksinasi untuk percepatan penanganan covid-19.

Diutarakan dr Gaffar sebagai Juru Bicara Satgas Covid-19 di Gowa, bahwa untuk Kabupaten Gowa masih menunggu jatah.

“Untuk saat ini masih menunggu minggu ke empat ini, kita ada jatah yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan melalui Diskes Provinsi, saat ini jumlah pial tersedia kemarin ada 11 pial,” kata dr Gaffar. Sabtu (31/7/2021).

Untuk hari ini, kata Gaffar, bahwa telah terpakai sebanyak delapan pial, dan menyisahkan sebanyak tiga pial.

“Kemarin kita habis dosis dua di Citra Land, itu menghabiskan dua ratus pial, dua ribu lebih dosis,” tambahnya.

Sementara untuk ketersediaan, dihitung dari hari ini per lima hari kedepan.

“Hitungan vaksin sekarang per-lima hari, jumlah kecepatan dosis dan capaian dosis satu dan dua,” terangnya.

Meski begitu, untuk wilayah Kabupaten Gowa saat ini berada di angka 63.281 dosis pertama. Untuk dosis kedua masih berada di angka 24.737 dosis.

“Artinya masih ada sekitar 40 ribu yang menunggu dosisi dua, sambil itu dalam waktu dekat, mungkin ada booster untuk tahap tiga untuk tenaga kesehatan seperti yang disampaikan di diskes provinsi,” tambahnya.

Ketersedian dosis vaksin di Kabupaten Gowa sendiri, kata dia, terus menurun. Bahkan beberapa tempat pencanangan vaksinasi untuk di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) harus ditunda.

“Iya (menipis), ada beberapa Puskesmas kita tunda untuk dosis duanya, ada beberapa yang sudah melaporkan, termasuk di Tamaona, hari ini mereka menunda untuk di kantor lurah untuk dosis dua,” ucapnya.

Dampak stok dosis yang disebut terus menipis ini karena alasan serapan permintaan pencanangan covid-19 telah disambut antusias oleh masyarakat.

Masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini telah berbondong-bondong melakukan vaksinasi yang disediakan oleh Diskes di tiap kelurahan dan Pukesmas.

“Karena serapan vaksin yah, masyarakat sudah antusias, dan otomatis hitungan normal yang disampaikan sistem tidak bisa mengantisipasi hitungan permintaan,” tandasnya. (**)

Berkomentar dengan bijak!