Temukan Kami di Sini:

Dorong Produktivitas Pertanian, Kementan RI Sambangi Kabupaten Jeneponto

0
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat meninjau lahan pertanian bersama Bupati Iksan Iskandar

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO- Untuk kesekian kalinya Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo sambangi “Butta Turatea” julukan Kabupaten Jeneponto.

Mentan RI bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar saat pesawat Helikopter Airbus type H215 milik TNI-AU mendarat di stadion mini Turatea, Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu pada pukul 10.00 wita. Sabtu (8/01/2022).

Mantan Gubernur Sulsel itu dalam kunjungan awalnya tahun ini bertujuan untuk mendorong produktivitas sektor pertanian terus meningkat. Salah satu upaya Kementan adalah menjalankan program irigasi perpipaan.

Terkait hal itu, Kementan melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertaniam (PSP) akan merealisasikan irigasi perpipaan untuk Kelompok Agronative Farm di kabupeten jeneponto.

Berkat program itu, produksi dan daya saing kelompok yang bergerak di bidang hortikultura meningkat tajam lantaran pasokan air dapat terpenuhi dengan baik.

Syahrul menyampaikan jika air merupakan kebutuhan mutlak untuk sektor pertanian. Tanpa air, mustahil pertanian akan berkembang dengan baik dan optimal.

“Air itu salah satu faktor penting bagi pertanian. Untuk itu, irigasi perpipaan ini merupakan program strategis untuk mengaliri lahan persawahan milik petani agar tak terganggu,” ujar SYL

Bahkan kata dia, lahan pertanian di jeneponto sangat luas untuk dikelola dan di kembangkan,

” Kementan akan hadir memberikan solusi agar petani jeneponto dapat meningkat kesejahteraannya, mereka tidak boleh miskin lagi,” ucapnya.

Bukti perhatian dan konsentrasi kami untuk pengembangan sektor pertanian di jeneponto itu dengan membawa beberapa pejabat dari kementan.

” diantaranya Kasdi subagyono (sekjen), Ali jamil (dirjen prasana dan sarana pertanian), suwandi (dirjen Tanaman Pangan), fadjri jufri ( Kepala litbang), muh hatta (direktur pukpes) dan beberapa pejabat kementerian pertanian,” beber SYL.

Tak hanya itu, Syahrul juga mengecek kesiapan dan lokasi rencana kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo yang dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) TOLO I dan Lokasi Tanaman Jagung.

Sementara itu, Bupati Iksan Iskandar menyampaikan apresiasi ke mentan SYL atas perhatian besarnya terhadap peningkatan produktivitas pertanian dan kesejateraan petani di jeneponto.

” Pak mentan telah banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di jeneponto khususnya sektor pertanian,” ujarnya.

Iksan juga menyebut sejak beliau menjadi menteri sudah beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke jeneponto dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” Tutup Iksan.

Berkomentar dengan bijak!