Deretan Password Terburuk di Tahun 2020, Masih Ada yang Pake “123456”!

0
Deretan Password Terburuk di Tahun 2020, Masih Ada yang Pake “123456”!
Ilustrasi

SUARATURATEA.COM – Penggunaan password yang kompleks menjadi salah satu cara untuk mengamankan akun kita. Password yang kompleks disini adalah password yang sekiranya orang bakalan susah untuk membobol akun kita. Inilah deretan password – nya.

Biasanya pada saat pembuatan akun, beberapa platform menyarankan penggunaan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk pembuatan password.

Tapi meskipun demikian, ternyata masih ada dan banyak juga pengguna internet yang membuat password dengan kombinasi angka atau huruf yang sangat mudah untuk dibobol.

Baru – baru ini layanan password manager NordPass merilis laporan tahunannya tentang deretan password terburuk yang digunakan pengguna internet. Mereka menemukan 200 password yang paling sering ditemukan dan mudah ditebak.

Dan, NordPass menemukan lima password yang paling banyak digunakan dan mudah untuk ditebak, yakni “123456”, “123456789”, “picture1”, “password”, dan “12345678”.

Selain “picture1”, keempat password lainnya hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk dibobol hanya dengan tebakan atau skrip kamus yang mengumpulkan frase umum dan kombinasi angka.

Ternyata masih banyak aja yang pake password kayak gitu…haha. Itu mah namanya ngasih jalan buat orang bisa ngebobol akunnya.

Jika ingin membuat password sendiri, jangan menggunakan pola yang mudah ditebak dan berulang-ulang, seperti angka atau huruf yang berdekatan di keyboard.

Tambahkan huruf kapital, simbol dan nomor di tempat yang tidak terkira juga membantu. Perlu diingat juga jangan gunakan informasi pribadi sebagai password, seperti tanggal ulang tahun atau nama seseorang.

Jangan lupa aktifkan two-factor authentication (2FA) untuk perlindungan ekstra akun kalian.

Berkomentar dengan bijak!