[CEK FAKTA] Hati-hati Phising, Link Prakerja Bisa Curi Data Kalian!

0
Insentif Kartu Prakerja Akan Cair 5 Januari 2021 Besok, Begini Caranya
Tangkapan layar foto ilustrasi Kartu Prakerja

SUARATURATEA.COM – Belum lama ini beredar kabar di media sosial yang menyebutkan situs pendaftaran peserta Kartu Prakerja adalah https://prakerja.vip.

Pada kabar tersebut disebutkan pula keuntungan dan tata cara pendaftaran Kartu Prakerja melalui situs tersebut.

Kabar itu tersebar melalui pesan di media sosial WhatsApp.
Pesan yang dikirim secara berantai di WhatsApp tersebut bernarasikan sebagai berikut,

Daftar Prakerja Sekarang Dapatkan bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi,” demikian bunyi narasi tersebut.

“Bantuan akan dikirim setiap bulan selama program ini berjalan Langkah untuk mendaftar Prakerja Kunjungi situs https://prakerja.vip Isi formulir data diri Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp Bantuan akan dikirim melalui rekening bank harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan https://prakerja.vip,” lanjut bunyi narasi tersebut.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kabar yang menyebutkan situs pendaftaran Kartu Prakerja yaitu prakerja.vip tersebut adalah klaim yang salah.

Informasi tersebut merupakan berita tidak benar atau hoax.

Turn Back Hoax melalui situs resminya sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com Minggu, 11 Oktober 2020, memberikan fakta sebenarnya dari kabar tersebut.

Faktanya, situs prakerja.vip itu merupakan situs palsu.

Sedangkan Program Kartu Prakerja hanya dapat diakses melalui situs resmi prakerja.go.id.

Dengan adanya penyebaran informasi tersebut, masyarakat diharapkan tidak termakan oleh hoaks dan usaha penipuan lainnya melalui berbagai cara.

Seperti halnya situs tersebut yang meminta pendaftar memasukan nomor HP-nya beserta email.

Dikutip dari Turn Back Hoax, situs yang sedang viral tersebut terindikasi phising atau peretasan data pribadi melalui pihak tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, untuk mendaftar dan mengetahui informasi lengkap program kartu prakerja dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), masyarakat dapat mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id/***

Berkomentar dengan bijak!