CEK FAKTA: Dampak Larangan Mudik, Lintas Kabupaten Jeneponto-Takalar Ditutup

0
CEK FAKTA: Dampak Larangan Mudik, Lintas Kabupaten Jeneponto-Takalar Ditutup
CEK FAKTA: Dampak Larangan Mudik, Lintas Kabupaten Jeneponto-Takalar Ditutup

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Sebuah foto memperlihatkan akses jalan ditutup dengan menggunakan pagar yang terbuat dari kayu dan seng viral di media sosial.

Foto itu mencuat ke publik dan pengguna media sosial seperti WhatsApp.

Narasi yang membangun dalam foto yang beredar luas itu bertuliskan ‘Perbatasan Jeneponto Takalar Ditutup’.

Foto ini muncul lantaran belakangan ini pemerintah telah mengeluarkan imbauan mudik ke kampung halaman yang akan dimulai pada tanggal 6 Mei 2021 dua hari kedepan.

Lantas, benarkah isi dari pesan tersebut, Simak penelusuran Cek Fakta Suaraturatea.com.

Penelusuran :

Tim Cek Fakta Suaraturatea.com melakukan penelusuran terkait klaim foto serupa juga pernah dimuat oleh salah satu media online.

Disana menuliskan narasi bahwa, akses jalan di blokir di Kerinci-Merangin.

Lagi-lagi informasi foto itu tidak dibenarkan, dimana masa-masa itu adalah masa pengetatan atau PSBB memuncaknya virus Corona yang melanda seluruh wilayah di Indonesia.

Foto viral menyebutkan perbatasan Jeneponto-Takalar telah ditutup

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul menegaskan informasi tersebut adalah tidak benar adanya, atau keliru.

“Hoax, sudah dicek sama anggota di perbatasan tidak ada kejadian serupa. Dan kami tegaskan Kepada seluruh masyarakat pengguna medsos agar tidak memposting konten-konten yang tidak benar,” tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam mengakses dan memberikan informasi apapun tujuan dan motivasinya di media sosial.

“Kami menghimbau kepada masyarakat, apapun tujuan dan motivasinya, akan berdampak penyesatan kepada masyarakat juga melanggar aturan UU ITE,” Pungkasnya.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Kasubbag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul, informasi foto yang tersebar luas itu memastikan bahwa informasi no valid atau hoax.

Tentang Cek Fakta Suaraturatea

Suaraturatea.com merupakan salah satu media online yang menyatakan sikap untuk memerangi berita-berita hoaks.

Cek Fakta juga berperan aktif untuk mengkal isu-isu hoax di media sosial, baik Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Suaraturatea.com di email redaksiturateanews@gmail.com.

Berkomentar dengan bijak!