BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrim, BPBD Jeneponto Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Ilustrasi

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sulawesi Selatan merilis prakiraan cuaca untuk Wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Selasa. (19/1/2022).

BMKG memprediksi untuk Pagi hari cuaca berawan dan berpotensi hujan ringan atau sedang yang mencakup wilayah Malili, Pinrang, Watansoppeng, Pare-Pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto hingga Kepulauan Selayar.

Sedangkan untuk siang hingga sore hari maka cuaca diprediksi akan terjadi hujan sedang di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Kecuali hujan lebat akan terjadi di wilayah Watansoppeng, Watampone, Wajo, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto.

Selain itu, BMKG juga memprediksi akan turun hujan ringan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Kecuali hujan Sedang hingga lebat di wilayah Watansoppeng, Watampone, Wajo, Pare-pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, dan Takalar pada malam hari.

Untuk waktu dini hari, BMKG memprediksi akan terjadi hujan ringan hingga sedang di seluruh wilayah Sulawesi Selatan kecuali cuaca berawan akan terjadi di wilayah Malili, Masamba, Palopo, Belopa, Makale dan Rantepao.

Selain itu, suhu udara diperkirakan 19 – 29┬░Celcius dengan kelembapan udara 75 – 98 %, sedang angin dari Barat Daya hingga Barat Laut / 10 – 45 km/ jam.

Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar tetap waspada potensi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kilat/petir dan angin kencang untuk wilayah Watansoppeng, Watampone, Wajo, Pare-pare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto.

Dengan Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m)* terjadi di Perairan Spermonde Pangkep, Perairan Spermonde Makassar, Laut Flores bagian barat, Perairan P. Bonerate – Kalaotoa bagian utara, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Sabalana, Perairan timur Kepulauan Selayar, Perairan Pulau Bonerate-Kalaotoa bagian selatan, Teluk Bone bagian utara, Teluk Bone bagian selatan.

Dan untuk Rough Sea (Gel. 2.5-4.0 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Laut Flores bagian utara, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Laut Flores bagian timur.

Hal senada diungkapkan Kalaksa Ikrar Iskandar melalui Mus Muliyadi selaku Penata Pnanggulangan Bencana BPBD Jeneponto yang menghimbau kepada masyarakat dan pengguna layanan transportasi darat laut dan udara agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana hidrometeorologi pada tanggal 18 hingga 20 Januari 2022 kedepan.

” Sesuai dengan peringatan dini yg dikeluarkan oleh BMKG Wil IV Makassar, antara lain potensi banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang,” ujarnya kepada Wartawan. Selasa (19/1).

Oleh karena itu, kami juga menghimbau kepada masyarakat dan semua pengguna layanan transportasi agar selalu memperhatikan informasi dari BPBD untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dengan baik.

Berkomentar dengan bijak!