Bebas Asap Rokok, Bupati pun Tidak Boleh Merokok Diarea Publik

0
Kadis Kesehatan Jeneponto Saparuddin Nurdin

“tanpa terkecuali, apa itu bupati, atau anggota DPRD, tidak boleh merokok dalam ruangan lingkup dinas kesehatan”

Kr Tawang/Jurnalis

TURATEANEWS.com,JENEPONTO—Pemerintah kabupaten  Jeneponto melalui dinas kesehatan (Dinkes) Jeneponto memberlakukan kawasan bebas asap rokok di semua fasilitas publik.

Dinas kesehatan Jeneponto menerapkan kawasan larangan merokok demi menciptakan kantor  yang sehat. Larangan merokok ini diterapkan untuk seluruh ruangan pelayanan maupun ruang kerja yang berada dalam lingkup pemkab Jeneponto.

Dinas kesahatan salah satu instansi pemerintah yang menjadi pusat percontohan telah menetapkan kawasan merokok, dan kawasan tanpa asap rokok dengan menyiapkan area kawasan merokok tidak pada semberangan tempat.

Dengan adanya penerapan aturan ini, pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD)  agar dapat menetapkan ruangan kawasan merokok dan kawasan tanpa asap rokok.

Misbahuddin yang juga pegawai dinas kesehatan Jeneponto, mengaku kalau dirirnya perokok aktif  dan sudah puluhan tahun dirinya merokok. Dalam sehari dirinya menghabiskan tiga sampai empat bungkus rokok.

“Program seperti ini diharapkan secara bertahap dapat menjadi sebuah sosialisasi kepada masyarakat larangan merokok di tempat umum, agar masyarat selalu dapat hidup sehat tanpa asap rokok,”kata Misbahuddin  

Sementara itu, kepala dinas kesehatan Jeneponto, Syafaruddin Nurdin mengatakan “kita telah menerapkan perda nomor 05 tahun 2013 tentang bebas merokok pada daerah tertentu, regulasi ini memberikan larangan bagi masyarakat dan PNS Jeneponto untuk tidak merokok di sembarangan tempat.

“Sekarang ini dinas kesehatan menjadi contoh  perkantoran yang menerapkan dan membatasi perokok  untuk tidak sembarangan merokok di kantor ini,”kata Kadis Kesehatan

Siapa pun yang datang di kantor ini bertamu, tambah Syafaruddin Nurdin,  tanpa terkecuali, apa itu bupati, atau anggota DPRD, tidak boleh merokok dalam ruangan lingkup dinas kesehatan.

“kalau ingin merokok mereka harus mematahui aturan yang ada dalam perda, yakni merokok di smoking area yang telah  disiapkan,”tegasnya

Baca Juga :

BREAKING NEWS : Warga Arungkeke Tanam Pisang Dijalan, Kades Arungkeke : Warga Saja Yang Tidak Sabar

Berani Bali, Kasat Lantas Ancam Pengendara Beri Sanksi Tegas

Selama Ops Patuh, Polres Jeneponto Tilang 409 Pelanggaran Lalu Lintas

Berkomentar dengan bijak!