Banyak Dilupakan Manusia, ini 3 Nikmat Luar Biasa di Pagi Hari

0
Banyak Dilupakan Manusia, ini 3 Nikmat Luar Biasa di Pagi Hari
Ilustrasi

SUARATURATEA.COM – Waktu pagi adalah waktu istimewa yang Allah berikan kepada manusia. Di dalamnya didapati nikmat luar biasa. Pagi hari seyogyanya menjadi kesempatan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat-nikmat luar biasa yang Allah berikan kepada kita.

Kala mata kita mulai terbuka, setelah bangun dari tidur, maka disadari atau tidak mulai detik itu Allah telah menyiapkan nikmat luar biasa. Nikmat yang seharusnya dijadikan renungan untuk selalu bersyukur atas segala apa yang Allah berikan.

Namun demikian, nikmat pagi hari banyak dilupakan oleh manusia. Padahal dalam faktanya, setiap manusia diberikan nikmat tersebut dan jika tidak, niscaya akan merasa kehilangan seperti kehilangan anggota badannya.

Dalam suatu Hadis Rasulullah bersabda:

Barang siapa yang berpagi hari dalam keadaan aman di tempat tinggalnya, sehat wal’afiat badannya, mempunyai makanan untuk sehari itu, maka seolah-olah dunia dan seisinya telah terkumpul baginya

Dari Hadis Rasulullah ini menyiratkan ada 3 nikmat pagi yang selalu diberikan Allah kepada hamba-Nya. Dan dalam kenyataannya, banyak dilupakan manusia, sehingga mereka menganggap biasa saja dan enggan untuk bersyukur atasnya. Berikut 3 nikmat tersebut:

1. Nikmat Aman

Nikmat pertama yang Allah berikan pada pagi hari dan banyak dilupakan manusia adalah nikmat aman. Ketika bangun tidur dan membuka mata, kita merasakan tenang dan tentram. Tidak merasa ada intimidasi dari siapapun. Kita bangun dengan aman dan kemudian untuk melaksanakan salat subuh serta membaca Al-Qur’an. Namun demikian, nikmat ini banyak dilupakan manusia, jarang orang mau mensyukurinya.

2. Nikmat Sehat

Nikmat kedua dari pemahaman hadis Nabi di atas adalah nikmat sehat. Nikmat sehat adalah nikmat yang amat mahal. Sehat tidak bisa dibeli di mana pun kita cari. Nikmat ini Allah beri setiap pagi kepada hamba-Nya. Namun demikian, banyak dilupakan orang. Nikmat ini dianggap sepele padahal merupakan nikmat luar biasa.

3. Nikmat Makanan

Nikmat yang lain yang banyak dilupakan manusia adalah nikmat diberikan makanan di pagi hari. Allah tidak mungkin menelantarkan hamba-Nya hingga sampai kelaparan. Dia memberikan nikmat pagi berupa kecukupan makanan. Namun demikian, banyak dilupakan oleh manusia.

Sudahkah kamu bersyukur pagi ini? Bagaimana caranya? ucapkan selalu kata “Alhamdulillah” dan pergunakan nikmat-nikmat itu untuk kebaikan di jalan Allah.

Berkomentar dengan bijak!