Bantu Korban Gempa Sulbar, Basarnas Makassar Kirim 3 Regu Lewat Udara

0
Bantu Korban Banjir Sulbar, Basarnas Makassar Kirim 3 Regu Lewat Udara
Pelepasan tiga regu Basarnas Makassar ke Sulbar | Dok. Basarnas Makassar

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – Basarnas Makassar Bantu Pelaksanaan Operasi SAR Bencana Alam di Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/01/2021) kemarin.

Basarnas Makassar tengah mengerahkan personil dan alat utama untuk mendukung pelaksanaan operasi SAR terhadap korban akibat gempa di wilayah Majene dan Mamuju.

Kepala Basarnas Makassar, Mustari menyatakan bahwa telah memberangkatkan 3 regu tim rescue menuju ke Kabupaten Majene dan Kota Mamuju yang terdampak bencana gempa 6,2 SR dini hari.

BACA JUGA : Bupati Ajak Masyarakat Jeneponto Doakan Korban Gempa Bumi Mamuju

“Satu tim rescue sudah tiba di kota Mamuju tadi siang dengan menggunakan Pesawat Garuda Airlines dan membawa peralatan sar, sementara 2 tim rescue lainnya menyusul dengan menggunakan jalur darat,” ujar Mustari.

BACA JUGA : Akibat Curah Hujan yang Tinggi, Kota Manado Direndam Banjir

Beliau menambahkan segera akan menyusul tim rescue ke empat yang diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules dari Lanud Sultan Hasanuddin.

“Sementara ini tim rescue yang sudah berada di Mamuju sedang melaksanakan assesment di beberapa bangunan runtuh di kota Mamuju,” tutup Mustari.

Diketahui, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju memusatkan titik pengungsian warga terdampak gempa Mamuju, Sulawesi Barat, di dua lokasi. Yakni di Stadion Mamuju dan area Kantor Gubernur Sulbar.

“Jadi sesuai arahan Menteri Sosial tadi malam, maka kami fokuskan untuk dua lokasi itu. Tentu tujuannya agar lebih menjangkau dan menyalurkan bantuan kepada pengungsi,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, Muhammad Ali Rachman, melansir Antara, Sabtu, 16 Januari 2021.

Ia menjelaskan, titik pengungsian sebelumnya berada di beberapa lokasi. Sehingga lebih sulit terakses.

“Saat ini tengah menunggu datangnya bantuan tenda dari Kementerian,” ucapnya.


Penulis : Ibnu Gaffar
Editor   : Reza Demil

IKUTI TWITTER KAMI:<

/td>

Berkomentar dengan bijak!