Temukan Kami di Sini:

Astaga! 20 TKA Tiongkok Tiba di Sulsel Tak Kantongi Izin Kerja

0
Astaga! 20 TKA Tiongkok Tiba di Sulsel Tak Kantongi Izin Kerja
Dimana Keberadaan 20 TKA Tiongkok yang Bekerja di Bantaeng?

SUARATURATEA.COM, MAKASSAR – 20 TKA asal Tiongkok, China yang tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan pada Sabtu, 3 Juli 2021 itu ternyata sejauh ini tidak mengantongi izin kerja.

Meski begitu, para TKA Tiongkok ini dikabarkan tengah menjalani isolasi mandiri yang disediakan pihak perusahaan PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia.

Ke 20 orang TKA ini akan menjalani isolasi mandiri selama 30 hari ke depan.

BACA JUGA : Dimana Keberadaan 20 TKA Tiongkok yang Bekerja di Bantaeng?

Hal tersebut untuk mengantisipasi adanya penyebaran varian baru COVID-19 di Sulsel.

Santer dikatakan, 20 TKA Tiongkok ini langsung dari penerbangan domestik, China menuju Bandar Udara Soekarno-Hatta, Jakarta lalu bertolak ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

Terkait dengan surat izin layak kerja sebagai tenaga kerja asing, pemerintah menegaskan tak serta merta menerbitkan surat izin kerja tanpa protap.

BACA JUGA : Pelanggar Prokes “SEMUT INDONESIA” di Malino Food City Dikenakan Perda Ini

“Belum mengantongi izin kerja masih menunggu izin dari Kemnaker dalam waktu satu bulan. Kalau mereka tidak mendapatkan dalam waktu satu bulan, mereka akan dipulangkan ke negaranya,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Makassar, Agus Winarto, Senin (5/7/2021) menggelar press release.

Selama berada di Sulawesi, para TKA Tiongkok ini juga tidak diizinkan berbaur dengan warga sekitar.

Antisipasi itu guna menjaga ketat adanya indikasi terjadinya penularan virus covid-19 yang melanda Indonesia.

“Dikarantina dulu di perusahaannya, mereka tidak boleh bercampur dengan Tenaga kerja indonesia maupun tenaga kerja asing. Sudah memenuhi syarat secara keimigrasian maupun secara protokol kesehatan,” tambahnya.

BACA JUGA : Haduh! Disnaker Tak Tahu Ada 20 TKA Tiongkok Masuk Bantaeng

Lanjut Agus, 20 TKA asal China yang menghebohkan publik di Kota Daeng lantaran diketahui pemerintah saat ini melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kalau yang 20 TKA ini, dia sudah tiba di Indonesia melalui Jakarta pada 25 Juni 2021, lalu ke Makassar. Jadi mereka datang sebelum PPKM,” jelasnya.

Sementara itu, saat ini 20 TKA dikabarkan telah berada di wilayah Kabupaten Bantaeng. Meski demikian, mereka tetap harus masih menjalani isolasi mandiri selama 30 hari.

“Mereka masih isolasi mandiri selama 30 hari, terhitung sejak awal kemarin mereka tiba di bandara di Makassar. Lalu mereka uji coba. Kalau layak, mereka dipakai (dipekerjakan),” pungkasnya. (**)

Berkomentar dengan bijak!