Temukan Kami di Sini:

Anggota Dewan Enggan Hadir di Musrenbang, Kades Maero; Saya bersama Warga Akan Golput

0
Peserta tamu undangan Musrembang yang tidak dihadiri oleh Legislator DPRD Jeneponto

SUARATURATEA.COM, JENEPONTO – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dikeluhkan Pemerintah Desa dan Warga Desa Maero, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Keluhan itu didasari karena Musrenbang yang digelar tanpa kehadiran tamu undangan dari perwakilan Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto. Khususnya anggota dewan asal Daerah Pemilihan II  (Dapil II) Tamalatea-Bontoramba.

Menurut Kepala Desa Maero, Andi Mappapada mengatakan, beberapa anggota DPRD khususnya Dapil II tidak ada yang hadir. Itu pun hanya satu orang yang klarifikasi, selain itu tidak ada hingga kini.

“Belum ada. Hanya ada satu yakni Hartono yang mengklarifikasi. Itu pun via Komentar Facebook bahwa beliau tidak bisa hadir karena bertepatan dengan rapat di komisinya,” bebernya.

Padahal Kami sudah  menyebarkan sebanyak 44 undangan untuk menghadiri acara musrenbang ini.

“Diantaranya 9 Anggota DPRD, termasuk Ketua DPRD, Bapeda, PMD, Dinas Koperasi, PU, Dinas Perumahan Rakyat , Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Camat, dan para Kepala Sekolah di Desa Maero. Namun yang hadir hanya Bapeda, PMD, Pertanian serta Camat,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi ulang, apakah absennya para anggota dewan tersebut akan berdampak atau tidak. Dirinya hanya mengatakan belum memastikan hal itu, namun bisa saja warga yang akan beropini lain.

” Dampak secara langsungnya sebenarnya tak ada. Dampak jangka panjangnya, jangan sampai kepercayaan  masyarakat terhadap wakilnya semakin berkurang sehingga berpengaruh pada kualitas demokrasi kita jadi semakin buruk,” imbuhnya.

Olehnya itu, ia sangat menyesalkan para anggota DPRD yang tidak menghadiri acara Musrenbang tersebut.

“Tentunya kami menyesalkan hal itu. Masyarakat kami disamping ingin bertatap muka dengan perwakilan mereka di DPRD mereka juga ingin menyampaikan usulan program dati Pokir anggota DPRDnya,” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu warga Desa Maero, ia mengatakan jika selaku masyarakat Desa Maero sangat menyayangkan absennya semua anggota DPRD dapil II Tamalatea- Bontoramba.

“Seharusnya dalam Musrenbang anggota DPRD Jeneponto itu hadir untuk membantu masyarakat. Jangan hanya hadir ketika momentum Pilcaleg saja. Kalian di pilih dan di amanahkan  untuk rakyat,”ucap Yudistira.

Bahkan, ia mengancam pada pemilihan calon legislatif dimasa mendatang tidak akan kembali memilih.

“InsyaAllah ketika panjang umur saya mewakili masyarakat akan lakukan sosialisasi untuk tidak lagi memilih anggota DPRD dapil II alias Golput,” tegasnya. (*)

Berkomentar dengan bijak!